Long Weekend, Guest House Panen Tamu

MALANG – Long weekend Idul Adha membawa berkah bagi okupansi guest house. Mulai Sabtu (12/10) hingga Selasa (15/10) kemarin beberapa guest house yang ada memiliki tingkat okupansi di atas 80 persen.
Manager Lovender Guest House, Monica Dian Konstantine menuturkan, okupansi penginapan yang berada di Jalan Lamongan ini memang selalu tinggi. “Meskipun September lalu banyak yang bilang low season, kami memiliki tingkat okupansi 90 persen dari 14 kamar yang ada,” tuturnya.
Di masa long weekend kemarin, okupansinya pun tercatat 100 persen. Sebab sejak hari Jumat (11/10) lalu Lovender penuh tingkat huniannya sampai dengan Selasa kemarin. “Sudah dipesan oleh tamu kami sejak awal bulan, sehingga kami merasakan ramainya long weekend kali ini,” ungkap dia.
Sementara itu, tidak jauh berbeda dialami oleh Bandoeng Guest House. Sang Owner, Wiratmono menyampaikan hunian guest house tersebut penuh hingga kemarin. Menurut dia, di akhir pekan tamunya sebagian besar dari Jakarta. Di hari berikutnya, juga dari luar kota yang hendak merayakan Hari Raya Idul Adha di Kota Malang.
“Sebagian besar tamu tersebut sudah menjadi pelanggan setia kami, sehingga guest house kami pun penuh untuk masa long weekend,” bebernya kepada Malang Post. Selain itu, ada beberapa kamar yang dipesan oleh wisatawan yang hendak berlibur ke Bromo.
Dia menambahkan, selama September lalu okupansi yang dicapai sebesar 70 persen. Menurun ketimbang bulan Agustus lalu. “Ya memang masih masa sepi, tetapi tidak terlalu jelek angka tersebut,” tegas dia.
Hal sedikit berbeda disampaikan oleh Dadan Sudrajat, Manager Kawi Guest House. Banyaknya hotel dan persaingan fasilitas guest house yang ada di Kota Malang membuat Kawi Guest House menurun okupansinya selama tahun 2013 ini. Menurut dia, paling bagus pada masa lebaran dan liburan sekolah, sementara untuk Idul Adha kali ini yang mendapatkan jatah libur panjang, guest house yang terdiri dari 11 kamar ini tidak penuh tingkat huniannya.
“Masih 80 persen di masa long weekend kali ini, ya memang menurun bila dilihat dari masa sebelumnya ketika ada libur panjang,” jelas Dadan. (ley/fia)