Menguntungkan Banyak Pihak

MALANG - Pada sisi lain, agent travel menyambut bahagia dengan adanya rute baru tersebut. Terlebih, melihat potensi penerbangan ke wilayah timur yang semakin diminati, baik untuk urusan wisata, bisnis ataupun pendidikan. Hubungan yang baik antara Makassar dan Malang dalam berbagai hal membuat masyarakatnya kerap kali melakukan perjalanan kesana. “Tentunya semakin tertolong sekarang, apalagi, minat masyarakat untuk berwisata ke daerah timur juga tinggi. Baik itu orang Malang asli maupun wisatawan,” beber Janiar Sinaga, Owner Erina Travel Sigura-gura.

Menurutnya, akhir-akhir ini pesona wilayah timur sedang tinggi. Selain tujuan Makassar, Maluku dan Sorong menjadi buruan. Adanya tempat wisata seperti di Raja Ampat telah terdengar sampai luar negeri. “Dengan begini kami mudah untuk menerima permintaan wisata ke Raja Ampat dan wilayah Papua lain. Selain Makassar yang juga memiliki potensi wisata sangat besar,” paparnya panjang lebar.

Menurut Janiar, selama ini dari wisatawan kerap bertanya mengenai paket wisata di wilayah Malang seperti Bromo, Semeru atau Kota Batu yang berpadu dengan wilayah timur Indonesia seperti Makassar serta Papua. Dia pun berharap, terkoneksinya antara penerbangan Malang-Makassar dengan wilayah timur Indonesia mendongkrak perjalanan bagi biro wisata. “Paling tidak, kami optimis adanya tambahan 10-20 persen peningkatan permintaan wisata setelah ini. Minimal sampai akhir tahun. Selanjutnya karena telah ada kejelasan mengenai mudahnya akses, promo bisa lebih kami gencarkan,” terang dia girang.
Sementara itu Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur tidak kalah senang dengan adanya ekspansi Xpress Air dengan membuka rute baru dari Malang ini. Sebab menurut dia, koneksi dalam berbagai hal antara Jawa Timur dan Makassar tergolong tinggi. “Baik wisata, bisnis dan pendidikan, seringkali terjadi pertukaran antara kedua propinsi ini. Banyak pelajar Makassar di Malang, begitu pula sebaliknya banyak orang Malang yang bekerja atau kunjungan kerja ke sana,” papar Dwi.

Bahkan sesuai dengan pengakuannya, Malang memiliki angka paling tinggi dalam hal hubungan bisnis dengan Makassar diantara beberapa Kabupaten dan Kota lain yang ada di Jawa Timur. Sedangkan dari sisi pariwisata dia menilai kedua belah pihak sangat diuntungkan, sebab potensi wisata yang ada sangat besar diantara keduanya. Mulai dari wisata alam, wisata buatan dan juga wisata sejarah. “Sudah seharusnya ini bermanfaat, dan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis. Bisa dibilang sekarang menjadi lahan basah untuk memajukan Malang,” imbuhnya. (ley)