Segera Buka, Rute Malang-Makassar dari Xpress Air

Dalam hitungan beberapa hari lagi, Bandara Abdulrahman Saleh Malang bakal lebih ramai. Sebab, mulai hari Jumat (25/10) ini ada pesawat baru yang akan rutin mendarat dan terbang dari bandara yang merupakan markas TNI Angkatan Udara ini. Xpress Air mulai hadir di Malang dengan rute penerbangan Malang-Makassar dan sebaliknya.

Direktur Komersial Xpress Air, Siti Khodijah mengungkapkan, awal mulanya maskapai yang sebelumnya lebih berkonsentrasi untuk penerbangan ke bagian timur Indonesia ini karena potensialnya penerbangan dari Malang. “Sebelumnya Xpress Air telah memiliki rute dari Surabaya ke Makassar. Ternyata, 50 persen penumpang tidak berdomisili di Surabaya atau wilayah yang tergolong dekat dengan Bandara Juanda. Banyak penumpang dari Malang,” ungkapnya di sela-sela Agent’s Gathering Xpress Air Terbanglah Indonesia di Ruang Cendana Hotel Savana Malang, Kamis (18/10) malam.

Setelah proses selama 4 bulan lebih, kini akhirnya Xpress Air bisa melayani penerbangan Malang-Makassar, dan penumpang pun tidak perlu lagi mengkhawatirkan akses dari Malang ke Surabaya yang sering mengalami kemacetan. Begitu pula sebaliknya. Menurutnya, baik penumpang dari Bandara Sultan Hassanudin Makassar maupun dari Malang sekarang lebih menghemat waktu perjalanan.

Dia menambahkan, Xpress Air akan melayani penerbangan seminggu tiga kali. Yakni hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Jam keberangkatan pesawat menuju Makassar pukul 07.00 WIB, sementara untuk kedatangan di Malang keesokan harinya, atau setiap Senin, Rabu dan Jumat pukul 15.30 WIB. Selama masa perkenalan kepada masyarakat ini, tiket dipatok sebesar Rp 300 ribu untuk kelas ekonomi. “Sebenarnya, walaupun kami memiliki kelas yang bukan ekonomi tidak bisa dibilang seperti itu. Tidak bisa disebut kelas bisnis seperti maskapai lain, hanya saja pelayanan memang lebih baik dari tiket yang umum tadi. Untuk kapasitas berjumlah 124 sheet,” beber dia.

Perempuan berkerudung ini menerangkan, keuntungan dengan adanya Xpress Air ini salah satunya yakni dengan adanya connect penerbangan ke wilayah timur seperti Manokwari, Papua dan Ternate. Selain itu, dalam Agents Gathering yang turut dihadiri pula oleh Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Timur Dwi Cahyono dan semua yang terkait dengan Xpress Air ini seperti agen travel, Asoisasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Jawa Timur dan Perhimpuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang ini dia menyatakan optimis dengan keberadaan maskapai tersebut.

Setidaknya hingga akhir tahun target bisnis dari Xpress Air mencapai 70 persen. Dengan menggunakan pesawat Boeing 737-200 dan 737-500, optimisme dia kumandangkan. “Walaupun masa perkenalan target kami tinggi. Sebenarnya bila berhitung soal bisnis, harus di atas itu untuk menyeimbangkan dengan jumlah investasi, tetapi tahun ini kami jadikan sebagai ajang perkenalan. Mengenai Xpress Air dan juga pelayanannya. Kemudian, di bulan berikutnya yakni Desember kami harus menambah jam penerbangan,” tegas perempuan dengan panggilan akrab Bunda ini.

Terpisah, Danlanud Abdurahman Saleh Marsma TNI Gutomo, S. IP. menyampaikan kesiapan bandara dengan adanya rute baru tersebut. “Iya, mulai Jumat depan ada rute baru. Kami telah siap dengan adanya penerbangan ini, malahan dalam waktu dekat ada rute baru lagi,” jelasnya di sela-sela acara HUT Kota Batu ketika ditemui Malang Post.

Menurutnya, saat ini juga tengah diproses dengan adanya rute dari Malang-Balikpapan yang akan semakin menunjang banyak hal, baik dari sisi perekonomian maupun kemudahan transportasi antar pulau. Dia meyakinkan tidak ada permasalahan dengan penambahan rute, sebab berbagai persiapan telah dilakukan untuk kemajuan Bandara Abulrachman Saleh ini. (ley)