Sananjaya Ekspansi ke Food Center

MALANG – Salah satu pusat oleh-oleh di Kota Malang, Sananjaya tengah mempersiapkan diri untuk memperluas lingkup bisnisnya. Bulan November nanti, bisnis yang berada dalam binaan DPC Pepabri Malang ini segera membuka food center untuk melengkapi kebutuhan pelanggan yang sebagian besar merupakan wisatawan.
“Sekarang tengah proses finishing untuk area food center, sebelum pertengahan bulan November kami targetkan sudah beroperasi, setidaknya ada enam jenis makanan yang akan disajikan,” ungkap Owner Sananjaya, Reza Rivelino.
Menurut dia, untuk ekspansi food center tersebut Sananjaya mengeluarkan biaya mencapai lebih dari Rp 400 juta. Pilihan kuliner yang disediakan merupakan makanan khas dari Malang yang juga menjadi buruan wisatawan. Misalnya bakso, rawon, dan pecel. Saat ini, Sananjaya tengah menjajaki beberapa jenis makanan yang akan dibawa masuk ke pusat oleh-oleh di Jalan Panglima Sudirman tersebut.
Namun Reza memastikan yang menjadi pilihan harus sekonsep dengan oleh-oleh yang menonjolkan kekhasan Malang. Apalagi Sananjaya juga bekerjasama dengan pusat wisata seperti Desa Wisata Gubug Klakah sehingga wisatawan, baik lokal maupun mancanegara sebelum berangkat ke Bromo atau meninggalkan Malang membeli oleh-oleh di tempat yang kini telah melengkapi dengan ATM center ini.
Dia menjelaskan, ekspansi yang dilakukan oleh Sananjaya ini berdasarkan tingginya omzet yang telah diperoleh selama ini. Sebab sejak beroperasi pertama kali bulan Juni lalu, omzet Sananjaya tergolong stabil. Sananjaya selalu mendapatkan omzet di atas Rp 2 juta per hari pada saat weekday. Sedangkan ketika memasuki weekend, hasilnya meningkat dua kali lipat, bahkan melebihi Rp 5 juta per hari.
“Omzet kami selama ini stabil. Bahkan sebulan setelah lebaran ketika banyak orang mengeluh omzet menurut, perhitungan kami masih sesuai prediksi. Antara Agustus dan September, penurunan tidak mencapai 15 persen. Lalu, bulan Oktober ini sudah normal kembali,” paparnya panjang lebar.
Masih menurut Reza, selain food center, di area baru tersebut Sananjaya juga menyiapkan rest area, sehingga wisatawan yang berkendaraan jauh tertolong ketika membutuhkan lokasi untuk melepas lelah.
Masih ditambah pula dalam waktu dekat Sananjaya segera membuka tour and travel di area tersebut. “Bertahap, setelah food center sukses, travel juga menjadi target selanjutnya,” pungkasnya. (ley/fia)