Belum Genap Setahun, Penjualan Belum Maksimal

MALANG – Pabrikan sepeda motor asal Austria, KTM masih harus memikirkan strategi yang pas untuk menggenjot penjualannya di Kota Malang. Pasalnya, sejak pertama kali beroperasi, KTM Center Malang belum memenuhi target penjualannya.
Sales Manager KTM Center Malang, Warid Ilham menuturkan, saat ini untuk dua jenis motor KTM yang ada, yakni trail dan sport rata-rata hanya 9 unit yang tersalurkan kepada customer. “Sejak pertama kali buka di bulan Januari, raihan jarang sekali di atas 10 unit,” tuturnya.
Menurut dia, selama 10 bulan ini, motor trail masih menyumbangkan penjualan tertinggi. Sebab, setiap bulannya minimal ada 4 unit yang tersalurkan kepada user. Paling bagus mencapai 6 unit dalam sebulan. Raihan itu berbanding terbalik dengan motor sport yang ada, maksimal 4 unit saja per bulan.
“Lebih seringnya di bawah angka itu, memang masih belum terlalu familiar bagi masyarakat mengenai keberadaan KTM Center dan kualitas motor KTM. Tahun depan, kami harus memiliki strategi agar penjualan lebih maksimal. Tahun ini sebagai perkenalan dulu, untuk tahun depan kami yakin lebih meningkat salesnya,” beber dia kepada Malang Post.
Lebih lanjut Ilham menerangkan, sejak pertama kali berdiri target yang dicanangkan selama tahun 2013 ini minimal 10 unit untuk dua tipe motor yang ada. Bahkan, pembelian rata-rata tidak berasal dari wilayah Kota Malang. kebanyakan justru dari Kediri, Jember dan Pasuruan.
“Malang hanya beberapa saja yang menjadi customer kami. Harga yang lebih mahal juga menjadi salah satu faktor. Kecuali mereka yang tergabung dalam komunitas motor dan memiliki dana lebih, jarang sekali menggunakan KTM,” urainya.
Masih menurut Ilham, untuk tipe yang menjadi favorit yakni jenis trail 350 EXC-F Six Days. Harganya mencapai Rp 149 juta, sedangkan jenis trail mulai dari Rp 103 juta untuk tipe Husaberg. Sementara itu untuk motor sport KTM Duke, harganya mulai dari Rp 59 juta.
“Untuk tipe Six Days merupakan andalan trail KTM, dengan suspensi bagus dan engine guard cocok bagi yang suka berpetualang,” imbuh Ilham. (ley/fia)