Nasabah Meningkat, Target Hampir Tercapai

MALANG- BRISyariah Cabang Malang menargetkan tambahan 12.000 nasabah untuk  Tabungan Faedah BRISyariah iB yang ada di tahun 2013 ini. Target tinggi ini berdasarkan banyaknya kelebihan dari tabungan induk BRISyariah yang akan diperoleh oleh nasabah, dan hasilnya memang banyak nasabah baru yang membuka tabungan di tahun ini.
“Untuk tabungan induk, yakni Tabungan Faedah BRISyariah iB, di tahun 2013 kami mematok 1.000 nasabah per bulan hingga akhir tahun untuk area Malang Raya,” ujar Pemimpin BRISyariah Cabang Malang, Agung Wahyudi Rahardjo. Menurut dia, hingga triwulan ketiga tahun 2013 ini hasil yang dicapai melebihi target. Rata-rata nasabah baru yang membuka tabungan di BRISyariah mencapai 1.500 nasabah per bulan.
Lebih lanjut Agung menuturkan, di tahun 2012 dan 2013 pertumbuhan nasabah sangat cepat sehingga melebihi target.  Saat ini, untuk area Malang Raya saja jumlahnya telah mencapai 42.000 nasabah. Rinciannya, setiap bulan sejumlah antara 1.000 hingga 2.000 nasabah terjangkau menjadi bagian dari keluarga BRISyariah. Hasilnya, dari 30.000 lebih nasabah di akhir tahun 2012 lalu, kini telah menjadi 42.000 nasabah.
“Target 2013 hampir terlampaui,” katanya kepada Malang Post. Lebih lanjut pria kelahiran Papua ini menambahkan, Tabungan Faedah ini merupakan singkatan dari Fasilitas Serba Mudah. Banyak keuntungan yang ditawarkan kepada nasabah. Mudah paling awal yang akan diterima yakni pembukaan cukup dengan Rp 50.000 sebagai saldo. Kemudian gratis biaya bulanan tabungan, gratis biaya bulanan Kartu ATM dan gratis biaya Debit Prima.
Masih ditambah pula gratis biaya tarik tunai serta transfer, baik di ATM BRI, Bersama maupun Prima. Menurut dia dengan hasil tersebut dia optimis jumlah nasabah Tabungan BRISyariah iB bakal terpenuhi sebelum berakhirnya bulan Oktober ini. Sebab, berdasarkan catatan setiap harinya, ada 50 nasabah baru yang mempercayakan simpanan dananya secara syariah di bank yang berkantor pusat di Jalan Kawi ini untuk Cabang Malang.
Masih sesuai penuturan pria berkacamata ini, semakin banyaknya kemudahan dan fasilitas BRISyariah membuat pertumbuhan bank sangat cepat. Bahkan di bulan September lalu,  2.000 lebih nasabah baru yang bergabung. “Adanya pameran perumahan dari Kemenpera bulan lalu membuat lonjakan besar untuk jumlah nasabah, karena nasabah baru bertambah demi mengajukan kredit rumah murah,” tuturnya.
Dengan hasil ini, maka nasabah baru untuk BankSyariah Cabang Malang ditargetkan bisa melebihi 20 persen dari target awal tahun. "Bila akhir Oktober target tahun ini untuk nasabah tercapai, maka dua bulan terakhir kuotanya bisa bertambah 2.500 nasabah. Peminat simpanan secara syariah semakin besar," tegasnya. Untuk Tabungan Faedah BRISyariah sendiri, setiap nasabah baru bakal digoda dengan tambahan kesempatan mengikuti hadiah hujan emas dengan total lebih dari 5 kilogram untuk 1001 pemenang. (ley/mar)