Jamsostek Salurkan Beasiswa Rp 786 Juta

MALANG – PT Jamsostek Cabang Malang telah tuntas menyalurkan beasiswa kepada 403 anak berprestasi di tahun 2013 ini. Beasiswa tersebut diberikan terakhir pada bulan September lalu, dan telah menghabiskan kuota beasiswa di tahun ini.
“Tahun ini untuk Jamsostek Cabang Malang mendapatkan kuota Dana Beasiswa total  sebesar Rp 786 juta, baik untuk anak SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi,” ungkap Kepala Jamsostek Cabang Malang, Supriyanto.
Menurutnya, dana beasiswa tersebut berlaku pada seluruh peserta Jamsostek yang diberikan secara bergantian. Syaratnya, perusahaan dan orang tua sang anak merupakan peserta BUMN yang tahun depan akan berubah nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ini.
“Secara otomatis orang tuanya sudah terdaftar, dan ada syarat tertentu dari kami untuk mendapatkan beasiswa. Namun yang mengajukan merupakan perusahaan, dengan melihat anak karyawannya yang memiliki prestasi. Diterima atau tidaknya, tergantung dari Jamsostek dalam memberikan kuota untuk satu perusahaan,” papar dia kepada Malang Post.
Lebih lanjut Supriyanto menjelaskan, rincian penerima beasiswa tersebut untuk anak yang masih duduk di bangku SD dan SMP sebesar Rp 1,8 juta. Kemudian untuk anak SMA dan mahasiswa, dana beasiswa yang diberikan sebesar Rp 2,4 juta. Jumlah tersebut diberikan secara langsung dan bergiliran di tahun selanjuntya.
“Jadi bila sudah menerima, tahun berikutnya kecil peluangnya untuk mendapatkan beasiswa dari Jamsostek. Bergantian dengan yang lainnya,” jelasnya.
Sementara itu dia memastikan di tahun depan Dana Beasiswa ini akan meningkat jumlah penyalurannya. Menurut pria yang sebelumnya bertugas di Madura ini, ada peningkatan jumlah dana tiap tahun. (ley/fia)