Bank Mandiri Siapkan E-Cash

EDUKASI: Direktur Bank Mandiri, Kresno Sediarsi (kiri) menerima cinderamata dari Rektor UMM, Muhajir Effendi.

MALANG – Bank Mandiri berencana untuk mengembangkan layanan cashless money. Kali ini, bank pelat merah tersebut tengan menggodok produk baru, yaitu E-Cash. Saat ini, produk baru tersebut masih dalam masa trial di kalangan internal bank Mandiri.
“Untuk sekarang masih versi beta.  jika sudah sempurna baru akan dilaunching ke publik,” jelas Direktur Bank Mandiri, Kresno Sediarsi saat ditemui Malang Post usai memberikan materi di program Mandiri Edukasi yang digelar di UMM Dome, Jumat (25/10) lalu.
Kendati tidak memberikan keterangan secara mendetail, namun Kresno memberikan sedikit gambaran. E-Cash nantinya akan membuat transaksi perbankan menjadi lebih praktis. Nasabah tak lagi bertansaksi menggunakan nomor rekening tetapi cukup dengan nomor telepon.
“Kalau lancar akan dilaunching akhir tahun ini. sekarang, ijin masih diurus,” imbuh dia.
Kresno mengungkapkan. Pengembangan E-Cash tersebut sejalan dengan pertumbuhan penggunaan produk cashless money yang makin tinggi. Untuk e-money saja, transaksinya mencapai Rp 1,8 triliun per tahun.
Sementara itu pada kegiatan Mandiri Edukasi di Dome UMM Jumat (25/10) lalu, Kresno mengatakan tahun ini, Bank Mandiri telah menyalurkan dana program Mandiri Edukasi sebesar Rp 2,04 miliar. Dana tersebut merupakan bagian dari dana Bina Lingkungan tahun ini yang tercatat sebesar Rp 100 miliar.
Khusus untuk di Malang, pelaksanaan Mandiri Edukasi diikuti oleh 450 siswa SD, SMP, dan SMA serta 500 mahasiswa. Bank Mandiri juga memberikan bantuan buku perpustakaan di SD dan sekolah lanjutan senilai Rp 112 miliar.
Menurut Kresno, kegiatan Mandiri Edukasi bertujuan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa dan siswa mengenai perbankan, pendidikan dan kepemimpinan. Pada program ini, seluruh jajaran direksi dan lebih dari 1000 pegawai Bank Mandiri di seluruh Indonesia secara serentak turun langsung memberikan edukasi di perguruan tinggi dan sekolah-sekolah.
“Langkah ini merupakan bukti keseriusan Bank Mandiri untuk meningkatkan pengetahuan dan karakter generasi penerus bangsa,” ungkap dia.
Kegiatan Mandiri Edukasi yang bertema Spirit Memakmurkan Negeri tersebut merupakan salah satu strategi utama program Bina Lingkungan di bidang pendidikan. Program yang melibatkan seluruh unsure pimpinan Bank Mandiri tersebut juga menjadi media yang efektif bagi Bank Mandiri untuk berbagi pengalaman dengan pelajar dan mahasiswa, tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan kreatifitas bagi sebuah entitas bisnis dalam merebut peluang pasar. (fia)