Kejar Partisipasi Wajib Pajak 75 Persen

MALANG – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur (Jatim) III memiliki berbagai macam cara untuk menyosialisasikan mengenai kewajiban membayar pajak bagi masyarakat. Salah satunya dengan menggelar jalan sehat di salah satu pusat keramaian di Kota Malang, yakni di  kawasan Ijen Boulevard, Minggu (3/11) kemarin.
Acara bertajuk Jalan Sehat Bersama Pajak 2013 ‘Bangga Bayar Pajak’ ini selain jalan sehat, Kanwil DJP Jatim 3 juga mengemas acara sosialisasi ini demikian menarik melalui panggung hiburan. “Keramaian di Ijen Boulevard ini menjadi salah satu bidikan kami untuk menyosialisasikan mengenai Sensus Pajak Nasional. Selain sebelumnya sudah di beberapa tempat lain,” ungkap Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jatim III, Endang Ratnawati.
Melalui acara ini, Kanwil DJP Jatim III menargetkan tambahan tingkat partisipasi wajib pajak dari masyarakat. Tahun 2013 ini target yang ada sebesar 75 persen, namun baru tercapai 65 persen.
Dia menyampaikan, peserta ini mencapai 2000 orang. Selain masyarakat umum, personel Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Malang Raya turut ambil bagian. Baik itu KPP Madya Malang, KPP Pratama Malang Selatan, KPP Pratama Malang Utara, KPP Pratama Batu, KPP Pratama Kepanjen dan KPP Pratama Singosari. Instansi Kemenkeu seperti KPPN, Bea Cukai, KPKNL hingga Balai Diklat Keuangan juga bergabung dalam acara yang juga bagian Sosialisasi PP 46 mengenai bayar pajak hanya 1 persen dari omzet.
“Masih ada pula dari Kostrad, Perbankan, Media, UKM, Tax Center, Dispenda, Kadin, Taspen dan tentunya wajib pajak,” imbuhnya.
Ragam acaranya diawali dengan jalan sehat dengan start di Jalan Ijen, mengitari Jalan Kawi, Jalan Wilis, Pahlawan Trip dan akhirnya kembali finish di jalan Ijen. Begitu menyelesaikan jalan sehat yang juga menyediakan hadiah bermacam-macam seperti kulkas, sepeda gunung, laptop, tablet, hingga LED TV 39 inch, peserta jalan sehat berhak menukarkan kupon dengan konsumsi. Bisa memilih antara lontong sayur, gado-gado atau nasi kuning. Lalu, kembali mengikuti rangkaian hiburan di area panggung. Tentunya, sembari berharap mendapatkan hadiah.
Tampak peserta jalan sehat begitu antusias mengikuti jalannya acara yang beberapa kali diselingi dengan pemberitahuan mengenai wajib pajak, manfaat pajak, dan harapan dukungan masyarakat mengenai kesuksesan Sensus Pajak Nasional, dan tahun ini merupakan kali ketiga dan telah dimulai sejak bulan September lalu.
“Terkadang untuk menyebarkan kepada masyarakat, memang harus memanfaatkan momen seperti ini. Terlebih bila rangkaian acaranya menarik, pasti apa yang disampaikan cepat masuk dan masyarakat bisa segera mungkin sadar akan kewajibannya membayar pajak,” papar dia panjang lebar.
Endang pun tidak memungkiri bila acara seperti ini sebagai langkah awal untuk menyadarkan masyarakat. Selanjutnya, petugas pajak juga harus lebih intens lagi agar program nasional ini berjalan dengan baik untuk area Kanwil DJP Jatim 3.
“Hasilnya tentu saja naiknya angka wajib pajak di Malang Raya, terutama tentang bayar pajak 1 persen dari omzet di kalangan masyarakat. Di Malang, banyak sekali UKM yang berpotensi dengan omzet di atas itu,” pungkasnya. (ley/fia)