Terlanjur Jatuh Cinta pada Malang

Head of Marketing Reliance Securities Venus Kusumawardhana, sudah 20 tahun tinggal di Kota Malang. Dia pun mengakui hatinya tertambat dengan kota ini,dan enggan berpindah tempat kerja lagi, atau bahkan kembali ke kampung halamannya.
“Saya merasa nyaman dengan kota ini, bahkan sejak pertama kali datang ke Malang untuk kuliah sudah merasakan bersahabatnya lingkungan di sini. Kalau sekarang ditanya apakah ada niatan berpindah tempat, sangat berat untuk memutuskan,” ungkapnya ke Malang Post.
Menurut pria berusia 38 tahun ini, awalnya dulu, selain faktor orang Malang yang ramah, udara di Kota Malang yang sejuk menjadi salah satu penyebab. Selain itu, biaya hidup yang sangat murah juga turut membuatnya betah. Sebagai anak kuliahan yang merantau, hidup hemat ditunjang dengan biaya murah merupakan sebuah nilai lebih. “Tapi sekarang untuk udara sudah tidak bisa disebut sejuk, walaupun masih lebih baik daripada lokasi lain,” imbuh pria asal Situbondo ini.
Pria yang telah berkecimpung di pekerjaan yang berhubungan dengan pasar modal dari tahun 1997 ini pun mengakui, sempat pindah lokasi kerja ke Surabaya. Namun tidak bertahan lama, dia memutuskan kembali menerima tawaran kerja di Malang. Hingga saat ini, pria yang juga seorang dosen ini telah membangun kehidupan rumah tangga di Malang.
“Saya sudah memiliki anak dan istri, dan mereka juga seperti orang Malang, meskipun istri saya juga pendatang. Kalaupun harus kembali ke Situbondo atau ke kampung istri, ya hanya sambang pada saat liburan. Bisa dibilang saya sekarang Aremania,” jelasnya sembari tersenyum.
Di samping itu, aktivitasnya di sebuah sekuritas membuat dia nyaman. Masih ditambah dengan kewajibannya bertemu dengan mahasiswa ketika menjadi dosen, membuat Venus kini merasa begitu berat bila harus berpindah tempat. (ley/han)