Kereta Api Sukabumi-Bogor Laris Manis

MALANG POST - Sabtu (9/11/13) lalu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka kembali rute Sukabumi-Bogor. Jalur ini ternyata diminati banyak masyarakat, dan selalu penuh. Menteri BUMN Dahlan Iskan mendapatkan laporan yang positif dari Direktur Utama KAI Ignasius Jonan soal tingginya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi ini.
"Menteri BUMN Dahlan Iskan merasa sangat bahagia karena sambutan masyarakat pada kereta api Bogor-Sukabumi yang mulai dibuka 9 November lalu ternyata luar biasa. Setiap pemberangkatan selalu penuh," ucap Ahli Khusus Menteri BUMN Abdul Aziz, Selasa (12/11/2013).
Jonan melaporkan, saking larisnya, tidak semua masyarakat memperoleh tiket pada rute kereta yang baru dibuka akhir pekan lalu. "Laporan Dirut KAI Ignasius Jonan kepada Dahlan Iskan tadi siang menyebutkan, tidak semua penumpang bisa terangkut. Dahlan minta agar KAI menambah kereta untuk jurusan tersebut, dan Jonan menyanggupinya," jelasnya.
Alhasil, KAI bakal menambah 1 kereta eksekutif dan 1 kereta ekonomi AC lagi untuk rute ini. Bahkan lokomotif untuk jurusan ini juga akan diganti dengan ukuran lebih besar dan baru. Jonan juga menyampaikan rencana penerapan sistem pembelian tiket kereta melalui toko ritel modern dan handphone.
"Penumpang yang di hari pertama semuanya membeli karcis di stasiun kini sebagian besar sudah membeli secara online di mini-mini market dan melalui handphone," jelas Azis.(dtc/han)