Siap Jadi Sahabat untuk Curhat

MALANG – Perempuan murah senyum bernama lengkap Ghea Hapsari Anggraini ini memiliki segudang trik untuk menghadapi customer. Terlebih, posisinya sebagai Customer Relation Officer (CRO) PT United Motor Center mengharuskan Ghea pandai dalam berkomunikasi dengan customer yang memiliki berbagai macam sifat dan latar belakang.
“Harus pandai melayani customer, apalagi CRO berada di pintu terdepan ketika ada customer memasuki show room, setelah security pastinya,” ujarnya sembari tertawa.
Ghea mengakui, telah menghadapi sifat yang berbeda-beda dari customer, dan sempat mengalami bad mood pula ketika harus bertemu dengan mereka. Sebab setiap orang, menurut dia, pasti mengalami waktu tidak menyenangkan, dan itu menjadi hal terberat bagi seorang CRO. Beratnya, harus menyunggingkan senyum, lalu menyapa customer dengan sangat halus sebagai bentu pelayanan.
“Terkadang ada customer yang semakin menambah bete, tapi saya harus cepat berpikir positif dan mengingat tugas saya menjadi kawan bagi customer serta memastikan kepuasan mereka. Kalau mereka tidak senang batal jadi customer Suzuki UMC malah bahaya,” terang dia.
Kiatnya, harus kembali bersikap lembut dan ramah. Terkadang, sesuai dengan pengakuan Ghea, customer juga membutuhkan tempat curhat ketika hendak membeli mobil. Bisa curhat masalah otomotif, sampai curhat permasalahan pribadi. Ketika mengenai mobil, jawabannya harus sesuai dengan standar pelayanan CRO, begitu customer curhat masalah pribadi, Ghea berubah menjadi seorang sahabat bagi customer tersebut.
Dia beranggapan, sebisa mungkin memberikan tips atau solusi kepada customernya. Selain itu, ketika bertemu dengan customer yang bermuka kusut, Ghea menyiapkan hadiah berupa souvenir. “Setelah sedikit berbincang, saya siapkan hadiah, agar mereka sedikit lebih senang, terutama setelah bertemu saya,” pungkas perempuan asli Malang ini. (ley/han)