Department Store Bersiap Sambut Natal

TEMATIK: Tampilan Matahari Department Store yang mulai dipenuhi dengan koleksi Natal.

MALANG – Mendekati bulan Desember, Department Store mulai mempersiapkan diri menyambut datangnya perayaan Natal. Selain menyiapkan stok fashion sesuai dengan tema, store juga mulai dihiasi dengan pernak-pernik pendukung sejak bulan November ini.
Supervisor Matahari Department Store Pasar Besar Malang (PBM), Mistun menyampaikan, sejak awal November ini Matahari sudah memasang visualisasi menyambut Natal. “Gaung Natal di tempat ini sudah terasa, beberapa titik sudah menunjukkan itu. Temanya Wonderful Season. Tetapi untuk visualisasi ini belum selesai semua,” ujarnya.
Mistun menuturkan, memasuki pertengahan November ini dipastikan Matahari sudah maksimal melayani pelanggannya yang berburu perlengkapan untuk Natal. Stok kebutuhan fashion ditambah, terutama pada bagian pakaian wanita, pria, dan anak muda. Menurut dia, peningkatan stok dibanding tahun lalu mencapai 20 persen. Begitu pula dengan target omzet, Matahari PBM mematok angka 20 persen di tahun ini.
“Omzet selama November dan Desember tahun ini targetnya meningkat di kisaran 15-20 persen. Sebab, harga barangnya sekarang kan naik, jadi targetnya tidak terlalu muluk-muluk,” beber dia kepada Malang Post.
Masih menurut Mistun, selain pada bagian fashion, pernak-pernik Natal juga menjadi sisi store yang dipastikan meningkat, baik stok maupun omzetnya. Pernak-pernik itu seperti pohon, buah hingga lampu hias.
Hal yang sama juga berlaku di Centerpoint Department Store yang berada di Mall Olympic Garden. Store tersebut meningkatkan stok dalam menyambut Natal. Peningkatan tersebut untuk pernak-pernik dan fashion yang paling dibutuhkan, terutama pakaian semi formal hingga formal yang pas dikenakan untuk perayaan Natal. Pada bagian ini, Centerpoint meningkatkan stoknya mencapai 30 persen.
“Peningkatan yang ada sama dengan tahun lalu saja. Sudah menjadi pakem, tiap tahunnya peningkatan stok mencapai 30 persen,” beber Asisten Store Manager Centerpoint Department Store, Dionisus RM Sinaga.
Sementara itu untuk visual store, Centerpoint baru memulainya pertengahan bulan ini berbarengan dengan beberapa stok pada bagian pernak-pernik Natal. Kemudian baru menyusul pada bagian fashion beberapa hari kemudian. Pada sisi target, omzet selama Desember nanti Centerpoint mematok peningkatan mencapai 20 persen.
Di tempat terpisah, Supervisor Matahari Matos Department Store Matos, Riza Firmansyah menuturkan visual menyambut Natal sudah siap sejak awal bulan, sebab sejak Oktober lalu sudah mulai memasang tema Natal.
“Sekarang visualnya sudah maksimal merayakan Natal, begitu pula stok sudah mulai tampil di store,” ujar Riza.
Dominasi warna merah, hijau, putih dan hitam dalam perayaan Natal sudah memenuhi store tersebut sehingga suasananya sudah seperti bulan Desember. Sesuai dengan pengakuan Riza, Matahari Matos meningkatkan stok mencapai 30 persen untuk menyambut Natal tahun ini. (ley/fia)