Goodwood Kembangkan Budget Hotel di Malang

BUDGET: Everyday Smart Hotel mengusung layanan hotel bintang dua.

MALANG – Persaingan bisnis budget hotel di Malang dipastikan akan bertambah menyusul diresmikannya Everyday Smart Hotel yang berada di lantai 7,8 dan 11 Apartement Soekarno Hatta Malang pada Senin (18/11) kemarin.
President Director and CEO Goodwood Asia, Anies Heriyanto Wibowo mengatakan, Everyday Smart Hotel merupakan hotel budget bintang dua. Ada 129 kamar yang dioperasikan. Terdiri dari dua jenis room, yaitu standart dan superior.
“Malang menjadi kota ketiga untuk ekspansi hotel Goodwood Asia. Sebelumnya, kami membuka di Kuta Bali dan Mangga Besar Jakarta,” rincinya.
Anies mengatakan, hingga 2014 mendatang, Goodwood Asia akan melakukan penambahan hotel baru sekitar tujuh hingga 10 hotel, diantaranya di Cibitung, Bandung, Jambi, Palembang, Medan, Makassar, dan Manado.
“Ada yang budget hotel (bintang dua), The Evitel yang setara hotel bintang tiga, dan Villa Kayu Raja untuk tipe exclusive,” papar dia.
Pria ramah ini menambahkan, Malang menjadi salah satu kota prioritas ekspansi Goodwood Asia. Berdasarkan hasil survey, Malang memiliki tingkat okupansi yang cukup tinggi. Data terakhir menunjukkan, town occupancy (okupansi kota) Malang berada pada posisi 65 persen.
“Selain itu, tingkat kebutuhan kamar di Malang juga cukup tinggi. Dari kebutuhan 4000 kamar, masih tersedia 2500 kamar, jadi masih ada kekurangan 1500 kamar. Ini adalah potensi yang bagus,” tegas dia.
Selain itu, persaingan budget hotel di Malang relatif masih rendah karena jumlah pemainnya yang belum banyak, hanya sekitar tiga hingga lima hotel, padahal angka kebutuhan kamar murah masih tinggi.
Anis mengungkapkan, melihat pasar Malang yang 50 persen didominasi oleh tamu-tamu corporate, maka hotel yang menghabiskan dana investasi sekitar Rp 5 miliar tersebut di tahap awal akan mencoba membidik tamu-tamu corporate terlebih dahulu.
“Untuk tahun pertama ini, kita belum memasang target okupansi terlalu tinggi. Mungkin disekitar 50 hingga 60 persen dulu,” imbuh Anies.
Sebagai budget hotel, Everyday Smart Hotel menawarkan fasilitas minimalis. Mulai dari kamar ber-AC yang dilengkapi dengan LCD TV dan kamar mandi shower. Untuk fasilitas makan, hotel tersebut hanya menyediakan breakfast untuk dua orang.
“Yang membedakan dengan budget hotel lain adalah fasilitas tambahan. Sebagai hotel yang tergabung dalam building Apartemen Soekarno Hatta, tamu Everyday hotel juga bisa menikmati fasilitas yang dimiliki apartemen secara cuma-cuma, salah satunya adalah kolam renang,” urai dia panjang lebar.
Fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan adalah meeting room. Ada tiga macam ruang rapat yang tersedia yaitu Arjuna Room, Semeru Room, dan Tengger Room. Kapasitas masing-masing sekitar 60 orang.
“Jika digabung, kemudian dipakai dengan konsep standing party, ketiga ruang tersebut mampu menampung 400 orang,” pungkas dia. (fia)