Okupansi Hotel Budget Melesat

NAIK: Menjelang akhir tahun, hotel budget pun ikut merasakan kenaikan okupansi.

MALANG – Hotel budget di kota Malang ikut merasakan ramainya okupansi (jumlah hunian) penginapan di akhir tahun. Selain telah mengalami peningkatan sejak Oktober lalu, reservasi kamar untuk masa liburan akhir tahun, yakni Desember mendatang juga mulai diterima. Manajer Hotel Amaris Malang, Zainudin memaparkan, hotelnya mulai mendapat pesanan kamar untuk Desember. “Khususnya calon tamu kami memesan untuk pertengahan bulan atau di atas 15 Desember,” paparnya.
Menurut dia, permintaan tersebut waktunya berbarengan dengan liburan akhir tahun. Malahan, kuantitas pesanan semakin tinggi begitu mendekatai momen Natal, rentang antara 20 Desember 2013 sampai 4 Januari 2014. “Padahal kami termasuk hotel budget, yang biasanya tamu kami tipenya walk in (datang langsung), tapi ini reservasi sudah tinggi pula” bebernya kepada Malang Post. Dia pun menargetkan okupansi tinggi periode November-Desember ini. Hal ini berkaca dari stabilnya okupansi sejak pertama kali berdiri Desember tahun lalu.
“Okupansi Hotel Amaris selalu di atas 70 persen. Sekalipun banyak hotel berbintang yang bermunculan di kota Malang,” tegasnya. Selain itu, Oktober lalu okupansi hotel berkapasitas 110 kamar ini juga mencapai 80 persen. “Target Amaris November ini okupansinya 85 persen, lalu Desember harus meningkat lagi sampai 90 persen. Optimis bila melihat tingginya minat tamu baik katagori walk in maupun reservasi,” urai dia panjang lebar.
Sementara itu, menurut Manajer Hotel Dewarna Malang, Suswandi  menjelaskan hotelnya juga mulai mengalami peningkatan okupansi. Medio September lalu memang menurun, tetapi masih stabil di angka 70 persen untuk kedua hotelnya, baik yang di Jalan Letjend Sutoyo maupun Jalan Zainul Arifin. “Itulah kelebihan hotel budget. Okupansinya selalu stabil. Kalaupun turun hanya beberapa persen. Oktober okupansi sudah 78 persen, dan sesuai target di masa low season,” terangnya.
Kemudian, dengan banderol kamar mulai Rp 250.000, Hotel Dewarna pun mengusung target tinggi menyongsong masa akhir tahun. “Kami menerima tamu walk in, ketika hotel-hotel pilihan sudah penuh. Namun, Dewarna ini dipastikan menjadi favorit karena harganya yang terjangkau, khususnya bagi tamu yang hendak berlibur ala wisatawan backpacker, dan cocok untuk masa tahun baru nanti. Bulan Desember bisa mencapai 85 persen” tegasnya. (ley/mar)