CCAI Jawa Timur Gelar Acara Safety Fair

MALANG POST -  CCAI (Coca-Cola Amatil Indonesia) Jawa Timur ikut mendukung program pemerintah dalam mengkampanyekan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi seluruh karyawan (K3). Dimana setiap bulan Juni, pemerintah selalu memperingati bulan K3. Untuk menunjang program tersebut di CCAI Jawa Timur, beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan acara ‘Safety Fair’.  
Acara diisi dengan beberapa agenda antara lain pameran K3, donor darah, simulasi kesehatan dan P3K, kompetisi K3, seminar kesehatan, sosialisasi K3 bagi seluruh karyawan dan kontraktor, ‘Bike for Health’, dan masih banyak lagi agenda yang terkait aspek K3. Acara yang berlangsung selama sepekan tersebut melibatkan manajemen, karyawan, kontraktor dan seluruh pihak yang terkait dengan operasional bisnis CCAI Jawa Timur.
“Tujuan dari acara tersebut adalah untuk membentuk perilaku ‘Safety’ / K3 secara berkelanjutan untuk mengembangkan budaya K3 di tempat kerja. Dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman,” kata Syaiful Ghani, Manufacturing Manager CCAI Jawa Timur. Menurutnya, di CCAI Jawa Timur sendiri berkomitmen untuk menerapkan sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja sejak awal tahun 2000,  Sebagai contoh pemakaian APD (Alat Pelindung Diri) adalah merupakan kewajiban yang tidak bisa ditolerir.
“Diharapkan seluruh karyawan menjadi paham dan menyadari bahwa aturan K3 yang ditetapkan bukan hanya merupakan kewajiban tapi juga menjadi kebutuhan untuk keselamatan mereka,” terangnya.  Terkait dengan penerapan K3 di CCAI Jawa Timur, setiap tahunnya menerima penghargaan baik dari tingkat provinsi maupun dari tingkat nasional kementerian. Dimana penilaian untuk mendapatkan penghargaan tersebut dilakukan oleh perangkat Department Tenaga kerja RI melalui serangkaian proses audit di lapangan.
Penghargaan tersebut merupakan pengakuan dari Pemerintah bahwa CCAI Jawa Timur sudah melakukan Manajemen K3 sesuai yang dipersyaratkan pemerintah. CCAI merupakan salah satu produsen minuman Indonesia yang menghasilkan dan memasarkan aneka minuman ringan halal bermerek Coca-Cola,  Coke Zero, Sprite, Fanta, Minute Maid Pulpy Orange, dan teh siap minum, Frestea. Perusahaan ini telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 80 tahun, melayani lebih dari 500.000 pengecer, serta membina ribuan pengusaha kecil di Indonesia. (mar)