Pohon Natal Sudah ‘Tumbuh’ di Mall

TEMATIK: Pohon Natal mulai dipajang di Centerpoint Department Store.

MALANG – Kurang dari sebulan dari Hari Natal, pernak-pernik yang menunjang hari raya umat Kristiani ini mulai bertaburan di Kota Malang. Selain dipenuhi dengan hiasan dominasi warna merah dan hijau, aksesoris juga mulai memenuhi beberapa store.
Salah satunya Centerpoint Department Store. Mulai dari visualisasi dekorasi sudah memenuhi store yang berada di pusat perbelanjaan Mall Olympic Garden Malang ini. Kemudian, pernak-pernik seperti lonceng, pohon terang hingga lampu sudah terdapat di berbagai sudut store.
“Tampilan untuk menyambut Natal sudah penuh sejak seminggu terakhir. Begitu pula stok, sudah kami maksimalkan untuk dipajang di store, sebab customer sudah mulai berburu,” terang Asisten Store Manager Centerpoint, Deny Mulyawan.
Dia mengungkapkan, stok aksesoris sudah disiapkan meningkat 30 persen dari tahun lalu. Sementara untuk target sales aksesoris Natal di tahun ini meningkat mencapai 20 persen. “Pastinya setiap tahun target harus meningkat, namun di tahun ini angka 20 persen menjadi target paling memungkinkan,” imbuh dia.
Pasalnya, untuk kategori aksesoris, customer Centerpoint yang merayakan Natal tidak selalu berburu setiap tahunnya. Berbeda dengan kebutuhan fashion, setiap tahun kebanyakan membutuhkan yang baru mengikuti trend. Sebab tidak mungkin customer membeli pohon terang setiap tahun.
Ada beragam pohon Natal yang ditawarkan, mulai dari 30 cm hingga 3 meter dengan harga mulai Rp 79 ribu sampai Rp 1,9 juta. Pilihan model ada yang polos hijau, dan hijau berbalut salju.
“Jika aksesoris seperti buah atau lonceng masih mungkin untuk beli tiap tahun, tetapi tidak besar. Nah, pohon terang kan tidak mungkin tiap tahun beli. Meskipun begitu, stok pohon terang dan aksesoris yang ada saat ini jauh lebih lengkap ketimbang tahun lalu, dan stoknya akan maksimal di bulan Desember, sebagai persiapan promo di atrium mall,” paparnya panjang lebar.
Sementara itu, Supervisor Ramayana Department Store, Ardianto Kurniawan menyebutkan, stoknya meningkat dua kali lipat bila dibandingkan dengan hasil penjulan di tahun 2012. “Stoknya meningkat 100 persen, dan Ramayana sudah full memajang aksesoris di lantai 2,” sebut dia.
Mengenai target, pria yang akrab dipanggil Ardi ini mengungkapkan, tidak bisa merinci mengenai target khusus di aksesoris. Namun untuk target keseluruhan Supermarket, selama bulan Desember mencapai Rp 3 miliar.
“Aksesoris baik pernak-pernik maupun pohon natal masuk produk Supermarket, targetnya besar. Namun aksesoris paling tidak ditargetkan menyumbang 10 persen,” jelasnya kepada Malang Post.
Selain itu, Ramayana juga mulai full menggelar diskon pernak-pernik Natal. Diskon 30 persen digelontorkan bagi masyarakat yang tengah berburu perlengkapan atau aksesoris Natal. (ley/fia)