Omzet Ritel Mail dan Korporasi Menurun

MALANG – PT Pos Indonesia (Kantor Pos) Cabang Malang mencatatkan hasil kurang memuaskan untuk omzet mail ritel dan korporasi November lalu. Jumlah omzet mail untuk kategori ini masih di bawah Rp 200 juta, sebagai target minimum per bulan.
Manager Penjualan Kantor Pos Cabang Malang Rusdianto mengakui, bulan lalu hasilnya baru Rp 193 juta. “Masih kurang sedikit lagi untuk pencapaian omzet mail mitra dan korporasi. Sekitar Rp 7 juta dari target minimal,” ujarnya kepada Malang Post
Menurutnya, hasil ini menjadi pencapaian terendah selama tahun 2013. Pasalnya, di bulan-bulan sebelumnya pencapaian selalu di atas Rp 200 juta. Angka tersebut bahkan pernah melampaui Rp 300 juta tatkala pengiriman intansi memuncak, yakni antara Mei sampai Juli. Pada masa tersebut, sesuai dengan penuturannya instansi pendidikan seperti kampus yang telah bekerja sama mengirimkan surat dengan jumlah besar.
“Baik untuk pemanggilan calon mahasiswa atau pengumuman kampus kepada sekolah-sekolah di seluruh tanah air. Misalnya dari UMM, ITN maupun UM, pasti tinggi di bulan tersebut,” papar dia panjang lebar.
Pria asal Sidoarjo ini tidak heran dengan hasil tersebut. Namun dia memastikan angka yang dicapai saat ini masih lebih baik ketimbang tahun lalu di bulan yang sama hanya sebesar Rp 170 juta. Menurutnya, target omzet memang meningkat, hasilnya bulan ini menurun, namun masih bisa tertutupi dengan pencapaian bulan-bulan sebelumnya.
“Bila diakumulasikan, hasilnya masih melebihi target minimal tahun ini. Selain itu, kami juga optimis bulan depan di atas Rp 225 juta, dan total dari semua tipe mail bisa mencapai 600 juta,” sebut dia.
Omzet mail mitra dan korporasi di Kantor Pos ini juga berasal dari finance yang tergolong tinggi pula angka pengirimannya. Di akhir tahun biasanya pengiriman dari finance dan perbankan meningkat, untuk memberikan penagihan kepada nasabahnya. “Secara keseluruhan omzet pada sisi mail memang menurun November ini, tren tahunan yang tidak bisa dihindari,” pungkas dia. (ley/han)