Bikin Robot Sejak Dini

MALANG - Apakah anak Anda mempunyai keahlian atau kecenderungan suka mengutak-atik komputer, baik untuk program software maupun hardware? Cobalah mendaftarkan anak Anda di Robo Kidz, yang siap menampung ketertarikan sang anak untuk lebih menguasai komputer, bahkan sampai robotic.
Robo Kidz memberikan penawaran pelajaran robotic, programming computer, desain, animasi sampai dengan game maker. "Semua yang berhubungan dengan otak-atik komputer siap kami ajarkan, tetapi tergantung pilihan muridnya," ujar pengajar Robo Kidz, Jimmy Tanaka.
Menurut dia, kelas robotic terdiri dari 5 tingkatan. Kelas pertama masih bernama pre robotic 1 yang mengajarkan asah imajinasi, kreativitas dan motorik anak. Awalnya mengenalkan warna, pola, angka dan huruf pada anak dengan model robotic.
Kelas selanjutnya pre robotic 2 yang sudah mulai mengajarkan konstruksi sedergana serta melatih kreativitas anak tentang sains dan memberikan percobaan. Pada kelas pre robotic 3, percivaan science sederhana diajarkan dengan menyenangkan.
"Sebagian besar siswa kami untuk kelas pre robotic masih berumur di bawah 10 tahun. Tetapi sudah memiliki ketertarikan yang kuat tentang robotic," terang Jimmy.
Kelas yang lebih berat yakni pre robotic 4 dan robotic. Pada kelas ini, merakit dan memprogram robot menggunakan Wedo dapat menambah kemampuan berpikir logis pada anak. "Kalau robotic sudah membuat robot dan menjalankannya dengan sensor khusus. Biasanya sudah berlanjut pada persiapan perlombaan robotic. Siswanya rata-rata sudah SMP-SMA," urainya kepada Malang Post.
Biayanya, Anda cukup menyiapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 250 ribu. Kemudian, untuk pendidikan, dalam satu tingkatan kelas sebesar Rp 250 ribu pula, yang terbagi dalam empat kali pertemuan.
Masih ada lagi computer class mengenai bahasa pemrogaraman dan logika. Lalu belajar teknik mendesain denhan komputer sebagai media komunikasi. Untul tingkat lanjut, animasi dan game maker semakin mengasah anak Anda untuk menunjukkan bakat yang kreatif serta lain dari pada yang lain. (Ley/fia)