Matahari Buka Sale Extra di Pagi Hari

MALANG – Natal dimanfaatkan sejumlah department store untuk menaikkan penjualan dengan menggelontor program-program diskon untuk konsumen. Salah satunya Matahari Department Store Matos.
Minggu (8/12) kemarin store tersebut menggelar Morning Sale dengan diskon super gila. Pada sale pagi hari di luar jam operasional tersebut, Matahari memberikan diskon mulai dari 50 hingga 90 persen.
Supervisor Matahari Department Store Matos, Riza Firmansyah mengatakan, selama bulan Desember, Matahari Matos akan menggelar Morning Sale sebanyak dua kali. Sehingga rencananya dua minggu lagi akan kembali ada promo serupa. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ada tambahan lagi satu kali.
“Ternyata antusiasme benar-benar besar walaupun penyelenggaraannya tidak di store, kemungkinan bisa terulang lagi,” bebernya kepada Malang Post.
Morning Sale ini diawali oleh karyawan Matahari Matos dengan berkeliling di sepanjang Jalan Veteran dengan membawa banner bertuliskan ‘Morning Sale, Discount up to 90 persen.
Riza menyebutkan, dalam Morning Sale ini menargetkan penjualan mencapai Rp 100 juta. Berbagai macam produk disiapkan dengan diskon gila tersebut.
“Targetnya tidak besar karena tujuannya adalah clearance beberapa barang yang menumpuk dan menghabiskan stok aging. Saat ini jumlahnya hampir 30 persen total produk yang ada karena sudah ketambahan produk baru untuk tahun depan,” jelasnya.
Menurut dia, dengan adanya program ini ditargetkan segera mengurangi stok dalam tempo lebih cepat. Paling tidak membantu pengurangan stok antara 5-10 persen sebelum ganti tahun. Sisanya, ditargetkan berkurang pula dalam promo in store. Walaupun tidak semua, Matahari Matos menargetkan barang aging jauh berkurang mencapai 20 persen, memanfaatkan momen yang ada.
Sementara itu, di Ramayana Department Store juga sudah siap menyambut Natal. Tampilan store sudah demikian meriah dengan pernak-pernik, begitu pula dengan gebyar diskonnya. Menurut Supervisor Ramayana Department Store, Ardianto Kurniawan, Ramayana menargetkan pertumbuhan 20 persen untuk Desember tahun ini dibanding tahun lalu.
Mengenai stok barang, peningkatan produk tertentu yang menunjang Natal juga mengalami peningkatan hingga 30 persen. Dari jumlah tersebut terbagi dalam produk fashion, aksesoris dan barang supermarket. Peningkatan produk fashion paling besar, sedangkan pada bagian supermarket dan aksesoris mencapai 10 persen dengan target omzet total  Desember ini sebesar Rp 3 miliar.
Ardi, sapaan akrabnya menjelaskan, Ramayana memiliki diskon 30 persen all item untuk aksesoris Natal. Untuk godaan hadiah lain, 1 unit Honda Beat disiapkan. Setiap pembelanjaan dengan nominal Rp 50 ribu sudah mendapat 1 kupon dan berlaku kelipatan
“Program ini menyambut Tahun Baru 2014 juga, dan undian akan berlangsung tanggal 31 Desember malam, tepat sebelum tahun baru,” pungkasnya. (ley/fia)