Kejar Pendapatan Pameran Rp 250 Juta

MALANG – Malang Music School menggelar event besar sebelum berakhirnya tahun ini. Populer Music Course (PMC) Indinesia 2013 diselenggarakan oleh Malang Music di Plaza Araya. Tujuannya yakni menunjukkan eksistensi sekolah musik tersebut di Malang. Selain itu, target besarnya juga menambah murid yang mengambil les musik ketika memasuki tahun 2014 nanti serta memiliki omzet penjualan melalui pameran mencapai Rp 250 juta.
PIC PMC Indinesia Malang Music School, Lastri menyebutkan, tujuan utama acara ini adalah menampilkan bakat. Namun dia tidak menampik menargetkan omzet tinggi untuk penjualan alat musiknya.
“Dalam acara ini juga ada pameran alat-alat musik dari Yamaha Music. Harganya lebih terjangkau ketimbang biasanya,” sebutnya.
Menurut dia, sekitar 150 item terdiri dari keyboard, gitar, bass, piano, sound control hingga mixer dipajang berbarengan dengan gelaran musik dari anak didik Yamaha tersebut. Targetnya, bisa menyamai pencapaian tahun lalu, atau lebih sedikit di kisaran Rp 250 juta. Sebab, tahun lalu penjualan selama pameran kurang lebih sama dengan tahun ini.
“Tidak begitu tinggi, peningkatannya juga di kisaran Rp 30 juta ketimbang tahun lalu,” beber dia, kemarin (9/12).
Menurut Lastri, setelah event tersebut bila berkaca pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, menjadikan Malang Music sebagai tujuan untuk belajar musik, baik itu vokal, bass, drum, keyboard hingga saxophone. Setidaknya, ada 60-80 pendaftar yang terjaring selama berlangsungnya acara.
“Acaranya selalu lama, sekitar 10-15 hari. Lalu, selama PMC menghasilkan murid baru yang daftar saat acara. Minimal 50 peserta, dari maksimal 80an pendaftar,” tandasnya kepada Malang Post.
Tahun ini, Malang Music menargetkan 100 peserta baru, meningkat 25 persen ketimbang hasil yang diperoleh pada tahun 2012 lalu. Target tersebut setidaknya 75 persen menjadi peserta didikan di tahun 2014. “Awal tahun kami menargetkan tambahan 75 murid baru,” tegas dia.
Selain itu, sesuai penuturannya, acara PMC hasil akhirnya mencari perwakilan anak didik Yamaha Music dari masing-masing daerah untuk bertarung ke tingkat regional atau wilayah. Selanjutnya bila berhasil akan diadu di tingkat nasional.
Acara PMC Malang Music School sendiri berlangsung di Plaza Araya mulai 2 Desember lalu hingga 15 Desember mendatang. Mulai dari adu bakat murid, pameran hingga mini konser berlangsung selama dua pekan. (ley/fia)