IHSG Makin Terbenam

MALANG - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali terbenam pada perdagangan awal pekan Senin (16/12) kemarin. Pada penutupan perdagangan sesi I, IHSG tercatat makin merah dengan anjlok 55 poin menuju 4118,33 poin.
“Awal pekan yang kurang bagus untuk IHSG di pekan ini. Sama seperti minggu lalu, indeks semakin tertekan,” ungkap Branch Manager SucorInvest Malang, Kartono.
Pelemahannya sekitar 1,39 persen ketimbang penutupan di akhir pekan lalu sebesar 4174,83 poin dan membuat investor ketar-ketir dengan keadaan ini, karena dikhawatirkan akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.
Menurut pria yang akrab disapa Nando ini, selain faktor perekonomian di Indonesia yang kurang bagus, tapering atau kebijakan politik ekonomi Amerika menjadi penyebab utama. “Malahan ada rencana menarik stimulus sehingga pasar akan semakin sepi dan dikhawatirkan saham bisa turun lebih dalam lagi,” bebernya kepada Malang Post.
Nando menguraikan, bisa jadi IHSG akan menukik di bawah 4000 poin. Untuk sementara dia berani memprediksi hingga 3950 poin jika tidak ada perbaikan. Sebab tanda-tanda sudah mendukung ke arah sana. Begitu pasar sepi, aksi jual akan semakin tinggi. Kemudian dia mencontohkan, faktor menguatnya dollar AS terhadap Rupiah. Kini di kisaran Rp 12.000 dan telah bertahan sekitar dua pekan. Hal ini membuktikan pelemahan sektor ekonomi di Indonesia.
Selain itu, jelang akhir tahun banyak pelaku saham terkesan menunggu report akhir tahun dan menahan diri untuk berbelanja di pasar saham. Masih ditambah pergantian fraksi yang akan mulai berlaku awal tahun depan.
“Banyak hal yang mendukung saham terus berada di zona merah,” tambahnya.
Pada perdagangan kemarin, perusahaan kurang terkenal seperti Lippo Securities (LPPS) dan saham Kalbe Farma (KLBF) berada di posisi hijau. Reportnya, terdapat 46 perusahaan tercatat naik, 70 stagnan dan yang menakjubkan sebanyak 213 turun. Hal tersebut membuktikan lesunya perdagangan saham di awal pekan ini, pada akhirnya IHSG ditutup pada level  4125,95 poin. Melemah 1,1 persen ketimbang penutupan akhir pekan lalu. (ley/fia)