Wisatawan Mulai Reservasi Kamar

MALANG – Long weekend Natal yang berlanjut hingga tahun baru membuat bisnis hotel mulai menggeliat. Di sejumlah hotel, angka reservasi menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan  khususnya di periode menjelang tahun baru.
Di hotel Tugu Malang misalnya, untuk periode 20 Desember hingga pergantian tahun, reservasi tamu hotel berada di angka 60 persen. Sales Manager Hotel Tugu Malang, Yudha Susanti mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, okupansi hotel akan terisi penuh saat tahun baru.
“Untuk saat ini, reservasi kebanyakan dari tamu-tamu ekspatriat yang memang datang untuk berlibur,” terang Yudha kepada Malang Post.
Perempuan berkacamata ini menambahkan, tahun ini, ada pergeseran trend dari kalangan tamu ekspatriat. Jika tahun lalu, para turis menginap hanya sekitar dua hari, namun untuk saat ini relatif lebih lama, hingga lima hari.
“Ini menarik, mungkin salah satu faktornya destinasi di Malang makin banyak, sehingga mereka tak sekadar transit. Untuk harga kamar di periode tahun baru, kami memakai harga publish rate baik tamu dari travel agent maupun tamu personal,” imbuhnya.
Dikonfirmasi di tempat terpisah, Assistant Sales and Marketing Manager Santika Premiere Malang, Panji Teguh mengatakan, tamu yang melakukan reservasi di hotel bintang empat tersebut telah mencapai lebih dari 78 persen.
Panji mengungkapkan, okupansi 100 persen biasanya akan dicapai pada H- 5 tahun baru. Ia menambahkan, jika biasanya tamu Santika Premiere adalah kalangan pebisnis dan corporate, maka di Natal dan Tahun baru, kamar-kamar didominasi oleh tamu keluarga.
“Biasanya kamar akan terisi penuh hingga H+1 tahun baru,” imbuh pria kelahiran Jakarta ini.
Tak hanya hotel yang notabene pemain lama yang mulai dilirik oleh para tamu. Atria Hotel and Conference yang baru beroperasi pun sudah menerima reservasi untuk periode tahun baru di angka 60 persen.
Bedanya, jika Hotel Tugu banyak didominasi oleh kalangan ekspatriat, maka tamu-tamu Atria berasal dari Surabaya. Assistant Public Relations Manager Atria Hotel and Conference, Kadek Ayu Ery Ratnawati mengatakan, 40 persen tamu yang sudah memesan kamar berasal dari Surabaya.
“Tamu family yang memang datang ke Malang untuk berlibur di tahun baru. Di periode ini kita berlakukan publish rate,” ungkap Kadek disela-sela kunjungannya ke Malang Post, kemarin (17/12).(fia)