Bidik Omzet Rp 200 Juta per Bulan

MALANG – Goldmart, private owned modern retail jewelry sejak pekan lalu telah membuka showroom baru di Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Ekspansi tersebut dilakukan untuk membidik market lebih besar di Kota Malang ini, setelah sebelumnya memiliki showroom di pusat perbelanjaan ekslusif, Sarinah Department Store.
Area Sales and Operation Coordinator Goldmart, I Gusti Ayu Komang Widariani mengungkapkan, keberanian membuka lokasi bisnis baru ini sebagai upaya memiliki pasar lebih banyak ketimbang sebelumnya.
“Ketika hanya satu showroom di Sarinah, tipe pelanggan kami juga kalangan menengah ke atas. Targetnya, begitu membuka di sini semakin bervariatif pula pelanggannya,” ungkapnya.
Dia melanjutkan, bila mengandalkan di satu lokasi, maka di masa sepi kunjungan omzetnya menurun drastis. Di Sarinah, menurutnya, di saat sepi omzetnya sekitar Rp 50 juta per bulan. Bila kondisinya ramai atau jelang lebaran dan akhir tahun, bisa meningkat dua kali lipat. Sehingga keadaan tersebut memaksa Goldmart membidik pasar lain yang lebih prospektif di MOG.
Menurut dia, dana sebesar Rp 2,5 miliar dikucurkan untuk outlet yang diresmikan 13 Desember lalu ini. Dana tersebut untuk sewa showroom serta materi atau isi perhiasan yang ditawarkan dengan sentuhan nilai seni tersebut.
“Tidak sedikit memang, tapi melihat potensi yang ada, optimis di tempat ini omzetnya bisa lebih stabil,” beber dia kepada Malang Post.
Di tempat baru tersebut, Goldmart menargetkan omzet yang meningkat 3 kali lipat ketimbang raihan di Sarinah. Rata-rata mencapai Rp 200 juta per bulan untuk bulan normal. “Mallnya lebih ramai, pengunjungnya juga dari anak muda sampai dewasa atau orang tua. Jadi targetnya juga harus besar. Dalam waktu satu tahun optimis sudah bisa break event point (BEP),” urai perempuan asal Bali ini.
Komang menyebutkan, Goldmart ini menawarkan perhiasan yang berbeda dengan lainnya. Pemakainya bukan sekadar untuk investasi, tapi juga kolektor yang memiliki penilaian serta jiwa seni tinggi. Selain koleksi berlian atau emas putih yang selama ini sudah diusung, berbarengan dengan pembukaan showroom baru tersebut juga menawarkan koleksi terbaru bernama Gold Master.
“Nilai seninya semakin tinggi, dengan proses yang detail. Jadi tampilan perhiasan semakin terlihat mewah. Harganya sendiri, seri terbaru ini dipatok dengan bandrol Rp 1,09 juta per gram. Mahal memang, tapi indah untuk bergaya,” pungkas Komang. (ley/fia)