Suzuki Kuasai 11,9 Persen Pasar Mobil Malang

MALANG – Meskipun belum menutup target penjualan di tahun 2013 mendatang, salah satu Authorized Dealer Suzuki Malang, PT United Motor Centre optimis menghadapi target di tahun depan. Hal ini berdasarkan pencapaian yang telah didapatkan hingga akhir November lalu, serta keberadaan dua mobil andalannya yakni Ertiga dan Karimun Wagon R.
Tahun ini Suzuki UMC menargetkan sales mencapai 130 unit per bulan. Angka tersebut meningkat drastis ketimbang pencapaian di tahun 2012 lalu. “Tahun sebelumnya pencapaian sales UMC di angka 100 unit per bulan, sedangkan targetnya waktu itu 90 unit per bulan,” ungkap Supervisor Suzuki UMC Malang, I Made Adi Sumerta.
Menurutnya, di tahun ini target tergolong meningkat drastis di angka 40 persen sebab ada keyakinan dengan penjualan Suzuki Ertiga. Hasilnya, memang low MPV tersebut mendominasi penjualan hingga sebulan sebelum 2013 ini berakhir. Kini, Ertiga sudah mencapai 60 unit per bulan tersalurkan kepada customer Suzuki.
“Ready stok membuat penjualan Ertiga menjadi backbone Suzuki. Total di tahun ini kami sudah mencapai 120 unit per bulan, masih belum mencapai target sebenarnya, untuk itu dua bulan terakhir kami coba genjot dengan berbagai promo,” bebernya kepada Malang Post.
Dia menambahkan, meskipun begitu kehadiran Karimun Wagon R membantu sales selama sebulan terakhir. Sekitar 60 unit terjual sejak pertama kali hadir di November lalu. Angka tersebut masih belum ditambah dengan jumlah indenan dengan kisaran yang sama. Inden dan penyaluran Wagon R, menurut Made saat ini sudah melampaui 100 unit.
Lebih lanjut pria asal Bali ini menuturkan, target kekurangan 15 persen dari target tahun ini coba diwujudkan selama bulan Desember ini. Selain Ertiga dan Wagon R, Suzuki meyakini penjualan ini akan tercapai dengan tingginya minat seri pick up serta Splash. Untuk market share, hingga November lalu Suzuki sudah mencatatkan angka 11,9 persen.
Sementara itu, untuk tahun depan UMC sudah menyiapkan ekspansi tempat usaha. Di seputaran Sengkaling, akan dibuka UMC 2 di akhir Januari mendatang. “Kami mencoba membidik untuk area Kabupaten dan Batu, sehingga akan membuka dealer kedua di tahun 2014,” pungkasnya. (ley/fia)