Harga dan Permintaan Daging Masih Landai

PILIH: Konsumen sedang memilih daging di salah satu supermarket di Kota Malang.

MALANG – Kekhawatiran lonjakan harga daging karena kenaikan permintaan menjelang Natal tak terjadi di pasaran. Hingga H-2 perayaan Natal, harga daging masih normal. Harga yang stabil tersebut berbanding lurus dengan permintaan konsumen yang tak jauh berbeda dengan kondisi normal.
Pedagang daging sapi di Pasar Besar Malang (PBM), H. Djazuli mengungkapkan, harga daging sapi masih normal antara Rp 95 ribu per kilo. Harga tersebut sudah berlangsung sejak awal Desember lalu, begitu munculnya edaran dari Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia (HIPMI) Malang.
“Begitu harga ditetapkan Rp 90 ribu per kg dari rumah potong hewan (RPH), harga di pasaran antara Rp 95 ribu sampai Rp 97 ribu,” ujarnya.
Menurut dia, sekalipun Natal semakin dekat, namun volume penjualan tak naik signifikan. Djazuli menyebutkan, rata-rata setelah beberapa bulan ini dia menjual 40 kg per hari. Seminggu terakhir ini, paling banyak bertambah 10 kg saja per hari.
“Itulah saya bilang sepi. Padahal tahun lalu, bisa sampai 80 kg per hari,” bebernya kepada Malang Post.
Sementara itu untuk harga daging ayam juga masih dalam hitungan normal. Abdul Kodir, salah satu pedagang menyebutkan, harganya kini Rp 28 ribu per kilo. Normalnya, harga daging ayam broiler tersebut Rp 24 ribu per kilo.
“Seperti tidak ada perayaan apa-apa. Harga naik tapi tidak banyak, soalnya peminatnya naiknya juga tidak signifikan,” jelasnya.
Menurut dia, penjualan sepekan terakhir ini tidak beranjak dari angka 70 kilo per hari. Jumlah tersebut memang naik dari penjualan normal sekitar 50 kilo per hari. Sedangkan untuk hari ini, dia akan menyiapkan stok daging ayam mencapai 100 kilo.
“Biasanya membawa maksimal 70 kilo. Sekarang memang menambah persediaan, tapi tidak besar karena tidak berani berspekulasi,” terang Kodir.
Normalnya harga jual daging juga berlaku di pasar modern. Di Hypermart Malang misalnya, harga daging sapi dipatok mulai Rp 99 ribu per kilo. Untuk kualitas paling bagus, harganya Rp 119 ribu per kilo.
“Harganya masih normal selama sebulan ini. Tidak ada perubahan sekalipun sudah dekat Natal. Paling favorit customer membeli daging yang harganya Rp 105 ribu per kilo,” ujar Divisi Manager Hypermart Malang, Budi Errianto.
Untuk peningkatan konsumsi, dia menyebutkan ada peningkatan volume penjualan selama sepekan terakhir mencapai 20 persen. “ Mungkin sudah mendekati harinya, sudah banyak yang menggelar syukuran. Sedangkan puncaknya sepertinya besok, biasanya untuk konsumsi malam Natal. Tapi sejauh ini harga masih normal,” pungkas Budi. (ley/fia)