Bulog Tuntaskan Penyaluran Raskin 2013

MALANG - Jelang akhir tahun, PT Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre 7 Jawa Timur mulai bisa bernapas lega. Sebab, Bulog sudah tuntas menyalurkan alokasi raskin untuk bulan Desember ini, dan secara total untuk tahun ini.
"Terakhir penyaluran raskin 12 Desember lalu. Saat ini, Bulog sudah bersiap menyambut tahun depan," ujar Wakil Ketua Bulog Sub Divre 7, Gatot Hariantoro.
Menurutnya, setiap bulan Bulog menyalurkan 4998 ton untuk 5 wilayah yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan. Penyaluran periode Desember ini lebih telat dari jadwal, karena seharusnya mesti tuntas 5 Desember lalu.
"Ada beberapa hal yang membuat terhambat penyaluran alokasi bulan ini. Termasuk mutasi kepala bulog di tempat ini, secara otomatis membuat tugasnya beralih, dan masih belum fasih pula. Itu baru satu, tapi sejauh ini sudah beres yang jelas," bebernya kepada Malang Post. Penyaluran paling akhir menurutnya di wilayah Kabupaten Malang. Khususnya, daerah yang masih menggelar pilkades.  Dia menambahkan, alokasi beras yang dibandrol Rp 1600 per kilo untuk masyarakat kurang mampu tersebut kini juga mulai dibayarkan oleh pemerintah desa. Hingga sepekan jelang berakhirnya tahun, progres pelunasan telah mencapai 98 persen. "Tinggal beberapa wilayah saja, kemungkinan di minggu ini atau Senin depan, karena tanggal 25 Desember masih libur," tambah Gatot.
Masih menurut dia, untuk tahun depan alokasi raskin juga masih tetap sama di angka 4998 ton per bulan. Hal ini menunjukkan belum ada progres berarti mengenai jumlah rakyat miskin di Malang Raya di tahun ini "Dari Kesra sudah turun alokasinya tetap untuk tahun depan," pungkas dia. (ley/nda)