Libur Natal dan Tahun Baru, Mall Targetkan Traffic Tinggi

MALANG - Liburan akhir tahun dimanfaatkan oleh pusat perbelanjaan untuk menaikkan target trafficnya. Selain itu, beberapa mall juga menggelar event untuk menunjang liburan yang bertepatan dengan hari Natal dan Tahun Baru 2014.
Di Malang Town Square (Matos) misalnya. Pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Jalan Veteran ini menargetkan okupansi mulai tanggal 23 Desember di angka 40 ribu pengunjung per harinya.
"Mulai tanggal ini sudah liburan. Jadi kami menargetkan okupansi lebih tinggi daripada biasanya di kisaran 25 ribu pengunjung per hari, hingga tanggal 1 Januari tahun depan. Spesial bulan ini tampilan di depan mall juga eye catching sebagai penunjangnya," ujar Marketing Communication Manager Matos, Rahayu Sasmita.
Dia menyebutkan, mulai tanggal tersebut banyak event berlangsung di Matos. Selain lomba fashion yang merupakan gelaran puncak perayaan Natal di Matos yang mengambil tema White Christmas, juga berlangsung pameran property.
Malahan pameran tersebut terjadi saat hari Natal persis, hingga 29 Desember. "Ya, pameran property ini kerap menjadi buruan bagi pengunjung. Apalagi saat liburan," bebernya kepada Malang Post.
Matos juga sudah mengantisipasi lonjakan traffic dengan memberi saran kepada semua tenant untuk melipatgandakan stoknya. Baik untuk food court, fashion hingga Hypermart. Hanya saja untuk jumlah, bebas sesuai dengan kapasitas masing-masing tenant.
Promotion Staf Plaza Araya, Kusuma Priya Sasongko juga mengakui bersiap menyambut liburan akhir tahun. Selain traffic yang dipatok meningkat, Plaza Araya juga menggelar program berbelanja diskon sampai 70 persen pada hampir semua tenant yang ada di sana.
Traffic rata-rata Plaza Araya selama ini 1200 pengunjung dalam sehari dan meningkat mencapai 1500 ketika hari libur. "Karena ini liburan dan lumayan panjang, average 1500 per hari harus tercapai antara tanggal 25 Desember sampai 2 Januari," tandas Priyo.
Dia menuturkan, momen akhir tahun ini tipe pengunjung mall adalah keluarga yang tengah berkumpul. Di kompleks perumahan Araya sendiri pasti banyak warga yang tengah berkumpul, sehingga dia yakin akan peningkatan traffic.
"Apalagi Plaza Araya ini di tahun 2013 semakin variatif tenant makanannya, karena memang kami sedang mengembangkan konsep tersebut. Pasti, keberadaan plaza sangat menunjang keluarga yang sedang liburan," papar dia panjang lebar.
Terpisah, Store Manager Sarinah The Indonesian Emporium Malang, Lies Sukarningsih menyebutkan, akhir tahun memang menargetkan peningkatan tarif. "Bila rata-rata selama ini 1000 pengunjung per hari, targetnya bisa mencapai 1500 per hari. Meningkat 50 persen untuk traffic," urai Lies.
Untuk omzet, dia tidak mematok tinggi setelah perayaan Natal. Di hari-hari sebelum tanggal 25 Desember mencapai 150 juta per hari, sedangkan setelah itu memang kunjungan tinggi tapi jaminan yang berbelanja tidak pasti. "Setelah Natal hingga akhir tahun, omzetnya mencapai Rp 100 juta per hari sudah bagus," pungkas dia. (ley/nda)