Honda Pasang Pertumbuhan 50 Persen

ANDALAN: Brio menjadi salah satu kendaraan Honda untuk merebut pasar otomotif Malang di tahun 2014.

MALANG – Tahun 2014 ini, salah satu authorized dealer mobil, yakni Honda Mandalasena optimis menggebrak pasar mobil di Kota Malang. Tidak tanggung-tanggung, optimisme tersebut dibuktikan dengan target sales yang meningkat mencapai 50 persen ketimbang tahun kemarin.
“Untuk tahun 2014, kami menargetkan peningkatan sales sangat tinggi, yakni bertambah setengahnya dari pencapaian di tahun 2013. Targetnya bisa mencapai 130 unit per bulan,” ujar Manager Honda Mandalasena Malang, Daniel Devis.
Menurutnya, tahun lalu rata-rata salesnya mencapai 90 unit per bulan. Angka tersebut melampaui target di awal tahun sebesar 75 unit per bulan. Secara total, pertumbuhan sales 2013 mencapai 30 persen. Faktor tersebut menjadi salah satu keyakinan untuk menargetkan pertumbuhan jauh lebih tinggi di tahun ini.
“Apalagi tahun ini Honda memiliki dua senjata andalan yang siap menarik perhatian customer, yakni Brio Satya dan Mobilio. Dua kendaraan ini proyeksinya menjadi pendamping Honda Jazz,” tuturnya.
Pada 2013, Honda Jazz memimpin sales mencapai 40 persen, diikuti CRV dengan jumlah 24 persen dan di posisi ketiga yakni Brio sebanyak 20 persen. Apabila jelang akhir tahun lalu Brio Satya yang tergolong Low Cost Green Car (LCGC) sudah menarik perhatian, di tahun ini pasti lebih tinggi lagi.
Pasalnya, meskipun unitnya masih terbatas, Surat Pengajuan Kendaraan (SPK) Brio Satya mencapai 220 unit dalam tempo dua bulan. Saat ini, Honda Mandalasena masih memiliki tanggungan 150 unit yang belum tersalurkan kepada user.
“Bila penyaluran sudah lancar, penjualan pasti meningkat drastis. Kemungkinan sebelum semester pertama berakhir sudah lancar,” paparnya kepada Malang Post.
Begitu pula untuk tipe Honda Mobilio. Soft launching low multi purpose vehicle (low MPV) versi Honda ini masih berlangsung awal Desember lalu. Untuk grand launching di Malang jadwalnya pertengahan Januari ini. Sejauh ini, menurut Daniel, sudah ada 200 SPK untuk Mobilio.
“Antusias masyarakat berburu dua mobil terbaru Honda sungguh besar. Belum lagi andalan lama CRV, Jazz dan Brio Sport. Maka dari itu tahun ini harus berani target penjualan lebih tinggi,” urai dia. (ley/fia)