Liburan Akhir Tahun, Pia Ubi Jepang Jadi Favorit

MALANG – Musim liburan menjadi berkah bagi pusat oleh-oleh di Kota Malang. Salah satunya Sananjaya di Jalan Panglima Sudirman. Liburan kali ini, salah satu camilan favorit yakni Pia Ubi Jepang yang tersedia dengan berbagai pilihan rasa.
Menurut Manager Sananjaya, Machmud Ariad, salah satu favorit oleh-oleh bagi wisatawan saat liburan ini yakni Pia Ubi Jepang Cap Kembang. “Paling menonjol itu, walaupun produk lain juga laris. Rasanya krispy bagian luar dan legit untuk isiannya.” bebernya.
Pia produk asli Kabupaten Malang ini menggunakan bahan utama Ubi Jepang. Layaknya bakpia pathok di Jogjakarta, terdapat berbagai pilihan rasa sebagai isian. Mulai dari durian, coklat, kacang hijau dan keju. Yang unik, ada pilihan lain rasa tangkue, ketela ungu dan ketan hitam. “Jadi rasanya semakin bervariatif, namun yang paling favorit tetap kacang ijo,” urai Machmud kepada Malang Post.
Soal harga, paling favorit berukuran 185 gram. Selain sudah dikemas dengan kardus, isian lebih banyak. Dalam sekotak, berisi 8 pia. Harganya pun cukup terjangkau yakni sebesar Rp 11 ribu. Cocok untuk oleh-oleh.
Sementara itu, pilihan lain berukuran lebih berat, yakni 195 gram. Namun isinya justru lebih sedikit, hanya 5 saja dengan harga Rp 12 ribu per pack. “Ukurannya lebih besar, jadi rasanya juga lebih mantap,” goda Machmud. Menurutnya, dalam sehari selama sepekan terakhir Sananjaya bisa menjual sampai 100 bungkus Pia Ubi Jepang Cap Kembang.
Selain itu, pengunjung bisa juga memilih camilan lain untuk buah tangan. Misalnya saja keripik buah nangka, mangga, salak dan yang paling umum yakni buah apel. Bandrol harganya bervariasi, mulai dari Rp 6000 sampai Rp 30 ribu, tergantung pilihan ukurannya. Serta salah satu produk baru bisa menjadi pilihan, yakni pia buah. “Produk baru sekitar sebulan terakhir, pia tetapi di dalamnya berisi buah. Yakni apel, mangga, salak dan jeruk,” pungkasnya. (ley/fia)