Aneka Batik Mulai Rp 50 Ribu

MALANG – Bila Anda mengunjungi pusat perbelanjaan Mall Olympic Garden (MOG), manfaatkan kesempatan terakhir untuk melihat pameran dari Fortune Organizer. Salah satu stand yang patut Anda datangi yaitu D & A Collection yang menawarkan batik khas nusantara, dan sebagian besar koleksi batik Madura.
“Koleksinya antara Solo, Pekalongan, Cirebon, Malang. Saat ini, yang paling dominan adalah batik Madura. Sebab, pasar utama kami juga masih di Surabaya,” ujar Owner D & A Collection, Ayu Widya.
Dia mengungkapkan, untuk pameran ini koleksi batik Madura yang dibawa jenis gentongan. Artinya, proses akhir dari pembuatan batik tersebut direndam dalam gentong. “Ketika pewarnaan terakhir, direndam di dalam gentong sehingga namanya batik gentongan. Pilihan motif mencapai 20 macam dan motifnya masih menunjukkan ciri khas Batik Madura,” ungkapnya.
Menurut dia, jenis gentongan ini merupakan batik tulis. Harganya relatif lebih mahal, mulai dari Rp 400 ribu sampai Rp 800 ribu. Walaupun sebenarnya, terdapat koleksi yang mencapai Rp 10 juta, namun tidak dibawa dalam pameran ini.
Sementara itu untuk kelengkapan koleksi, D & A membawa beraneka macam batik mulai dari harga Rp 50 ribu. Baik yang masih berbentuk lembaran kain maupun yang sudah menjadi busana seperti kemeja. Untuk pilihan harga terendah ini, batiknya berjenis batik print atau batik cap. Selain itu, terdapat pula batik tulis Madura dengan harga terjangkau mulai Rp 100 ribu.
“Batik Madura sekalipun berjenis batik tulis, harganya bisa sangat murah. Itulah kelebihannya, tetapi bila menginginkan yang berkualitas, tentu yang lebih mahal,” tegas Ayu kepada Malang Post.
Masih menurut Ayu, untuk koleksi lain, seperti kemeja bandrol harganya mulai dari Rp 70 ribu. Lalu untuk dress batik obnesel bermodel sobek-sobek harganya dipatok Rp 500 ribu selama pameran. (ley/fia)