Hujan Usik Penjualan Produk Elektronik

MALANG – Awal tahun 2014 yang penuh dengan guyuran hujan membuat store elektronik was-was untuk pencapaian sales selama Januari ini. Pasalnya, kondisi penghujan saat ini menjadi penguat masa low season bagi penjualan barang elektronik.

“Tahun-tahun sebelumnya low season untuk penjualan elektronik ini setelah Januari. Bulan pertama tersebut masih tertolong liburan, namun setelah pertengahan bulan sudah mulai terasa sepinya,” ujar Store Manager Plaza Elektronik Malang, Pao Sugiyanto.

Berdasarkan hal ini, dia khawatir bila sejak awal intensitas hujan sudah tinggi. Sebab, semakin menipis pula kesempatan untuk memaksimalkan sales di awal tahun. Menurut pria yang kerap disapa Sugik ini, hujan deras yang mengguyur sejak Desember mempengaruhi omzet. “Penurunan sekitar 10 persen per hari. Malah awal tahun ini setiap hari hujan setelah tengah hari. Pengaruhnya jadi besar,” bebernya kepada Malang Post.

Sehingga, Januari ini Plaza Elektronik juga sedikit pesimis untuk omzetnya bertumbuh maksimal di awal tahun. Target sales sebanyak 30 unit dalam sehari lebih susah untuk digapai. Dia menyebutkan, rata-rata sales sepekan ini masih di kisaran 20 unit sehari, dan sebagian besar LED TV serta mesin cuci.

Sugik juga mengakui, jika sales total 2013 lalu tidak begitu bagus. Target 2013 bertumbuh 20 persen tidak tercapai, hasilnya masih kurang 5 persen. Sebagai salah satu trik agar lebih stabil, Plaza Elektronik pun meningkatkan jumlah diskon dari barang yang ditawarkan, serta memberi hadiah langsung di beberapa produk.

Di tempat terpisah, Divisi Manager Hypermart Malang, Rajabuel Arief mengakui hujan memang mempengaruhi kuantitas penjualan selama Desember lalu. “Biasanya akhir tahun bisa meningkat sampai 100 persen untuk sales, hasilnya hanya meningkat 60 persen saja ketimbang bulan sebelumnya,” terangnya.

Padahal, program promo sudah digelontorkan, mulai dari diskon hingga fasilitas kredit tanpa uang muka. Tetapi hasil tersebut menurut Arief masih sesuai dengan target minimal sales di akhir tahun. Secara total 2013 lalu, penjualan elektronik di Hypermart Malang mengalami pertumbuhan sebesar 30 persen.

Di awal tahun ini, Hypermart mematok pertumbuhan 20 persen. Faktor penentuan target tersebut yakni siklus tahunan yang menunjukkan penjualan elektronik sudah mulai menurun setelah liburan akhir tahun berakhir.

“Hujan memang berpengaruh, tetapi masih yakin bisa melampaui target di bulan ini,” pungkasnya. (ley/fia)