Kredit Bank Jatim Tumbuh 24 Persen

BERUNTUNG: Walikota Malang, Abah Anton mengambil nomor undian untuk menentukan pemenang hadiah motor, disaksikan oleh Pemimpin Bank Jatim Cabang Malang, Zainal Arief.

 

MALANG – Bank Jatim Cabang Malang berhasil melampaui target dalam hal penyaluran kredit kepada nasabah di tahun 2013. Hasil yang digapai bertumbuh sebesar 24 persen, dan optimis kembali meningkat pertumbuhannya di tahun ini.

“Realisasi dari rencana bisnis untuk penyaluran kredit kepada nasabah di tahun lalu hasilnya cukup memuaskan. Total target pertumbuhan di kisaran 20 persen berhasil dicapai,” ujar Pemimpin Bank Jatim Cabang Malang, Zainal Arief.

Menurutnya, hasil tersebut membuktikan kepercayaan masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana dalam berusaha. Kredit yang disediakan oleh Bank Jatim antara lain kredit usaha mikro kecil dan menengah, kredit usaha rakyat (KUR), kredit pundi kencana, kredit resi gudang hingga kredit FLPP. Masih ada lagi kredit untuk sektor agribisnis seperti kredit ketahanan pangan dan energi (KKPE), kredit usaha pembibitan sapi (KUPS) dan kredit sertifikasi hak atas tanah.

“Program kredit Bank Jatim bervariasi, sehingga nasabah bisa menyesuaikan keperluannya. Besaran plafonnya pun mulai dari Rp 10 juta, misalnya pada kredit usaha (Pundi Kencana). Angsuran mulai dari setahun dengan bunga sebesar 0,59 persen per bulan,” papar Zainal kepada Malang Post.

Untuk tahun ini dia optimis penyaluran kredit juga kembali tumbuh di atas 20 persen. Bahkan, dia mematok target di kisaran 25-26 persen. Menurut Zainal, jumlah pastinya masih menunggu rancangan anggaran yang belum ditetapkan dari pusat. Namun yang jelas di atas pencapaian saat ini.

Pria ramah tersebut optimis untuk menggapai target di tahun ini, sekalipun tahun 2014 ini banyak tantangan untuk sektor perbankan. Optimis tersebut berdasarkan program dari Pemerintah Kota Malang yang selama ini bekerja sama dengan Bank Jatim, dan akan memaksimalkan potensi dari fasilitas yang disediakan oleh bank.

Selain itu, Zainal juga membuktikan keoptimisannya dengan melakukan start sejak awal untuk menunjukkan kepedulian dengan customer. Pada 27 Desember 2013 lalu, Bank Jatim Cabang Malang telah menggelar ‘Customer Gathering Bank Jatim Cabang Malang’ bersama Bupati Malang dan jajaran pemerintahan di Kabupaten Malang di Harris Hotel and Conventions yang dihadiri 450 orang. Lalu pada Selasa (7/1) kemarin, kembali menggelar acara serupa dengan sasaran Pemkot Malang dan juga Kepala Sekolah di Malang.

“Bisa dibilang mencuri start sebagai strategi penetrasi pasar. Secepatnya akan berlanjut pada nasabah Bank Jatim dari kalangan umum,” papar Zainal setelah Customer Gathering Bank Jatim Cabang Malang yang berlangsung di Hotel Atria, kemarin.

Seperti yang disampaikan oleh Walikota Malang, H. Mochammad Anton, Bank Jatim selama ini telah menjadi mitra bagi pemerintahan. Salah satu buktinya, nasabah dari bank tersebut merupakan pegawai pemerintahan. Selain itu, di tahun ini pula telah sepakat untuk memaksimalkan potensi daerah di Kota Malang.

“Fokus Bank Jatim pada usaha kecil akan dimaksimalkan dengan kemudahan fasilitas kredit kepada usaha tersebut di Kota Malang. Bahkan melalui program Ibu Walikota tahun ini berupa terobosan untuk membangkitkan usaha kecil dan menengah yang selama ini dipandang sebelah mata,” beber Abah Anton di sela-sela kehadirannya dalam acara customer gathering tersebut. (ley/fia)