Pindah Bandara, Jadwal Penerbnagan Citilink Berubah

MALANG – Penumpang pesawat Citilink jurusan Malang-Jakarta dan sebaliknya harus memperhatikan kembali jadwal penerbangan terbaru yang mulai berlaku efektif hari ini. Selain itu, bandaranya untuk di Jakarta juga telah beralih. Bila biasanya di Bandara Soekarno Hatta, sudah berpindah ke Bandara Halim Perdanakusuma.
“Mulai 10 Januari 2014, untuk penerbangan Jakarta-Malang tidak lagi di Cengkareng, namun dialihkan melalui Bandara Soekarno-Hatta. Begitu pula jadwal penerbangannya juga turut berubah,” ujar District Manager Citilink Jawa Timur, Muhammad Wajid, kemarin
Di tempat baru tersebut, jadwal keberangkatannya menjadi pukul 07.30 WIB dan tiba di Bandara Abdulrachman Saleh Malang pada pukul 08.55 WIB. Sebaliknya, untuk Malang-Jakarta jadwal keberangkatannya pukul 09.25 WIB dan tiba di Halim Perdanakusuma pukul 10.50 WIB. “Sekarang jadi lebih pagi. Biasanya dari Jakarta terbang pukul 12.15 WIB, sedangkan dari Malang jadwalnya pukul 14.05 WIB,” imbuh dia kepada Malang Post.
Menurutnya, perubahan ini untuk mengurangi beban Bandara Soekarno Hatta. Efeknya terdapat 16 jadwal penerbangan Citilink yang berubah, dan empat rute yang harus berpindah. Malang, Palembang, Yogyakarta dan Semarang. Baik untuk keberangkatan dan kedatangan.
Lebih lanjut M. Wajid menerangkan, untuk proses sosialisasi Citilink sudah mengirim pemberitahuan kepada pelanggannya yang selama ini telah mempercayakan perjalanan dengan maskapai Low Cost Carrier (LCC) tersebut. Seperti memberikan short message service (SMS), email dan by sales ketika ada penumpang sedang reservasi tiket.
“Usaha ini untuk mengurangi efek ketidaktahuan masyarakat, juga melalui media massa. Kan mereka harus mempelajari kembali jadwal penerbangannya, bisa-bisa telat karena menjadi lebih pagi. Juga memperkirakan waktu jika pendaratan berubah di Halim Perdanakusuma,” paparnya panjang lebar.
Untuk harga tiket dia memastikan belum ada perubahan. Untuk saat ini patokan harga untuk rute Malang-Jakarta masih tetap di kisaran Rp 550 ribu.
Sementara itu, setelah Citilink secara bertahap beberapa maskapai akan mengalihkan beberapa rute juga ke Halim Perdanankusuma. Seperti Garuda mulai Februari dan AirAsia di bulan Maret. Khusus untuk rute Malang – Jakarta, hanya Citilink yang mengalami perubahan jadwal, sedangkan dua maskapai lain yaitu Garuda dan Sriwijaya Air tidak mengalami perubahan.
Bandara Halim sendiri saat ini tidak hanya bagi penerbangan komersil namun juga melayani penerbangan militer dan VIP. Kapasitas runway di bandara ini secara keseluruhan adalah 12 pergerakan setiap jam, dengan slot time yang tersedia saat ini sebanyak 126 slot untuk pengoperasian 24 jam. (ley/fia)