Harga Emas Mulai Bersinar

MALANG – Perlahan, harga emas mulai mengalami kenaikan di tahun 2014 ini. Setelah sempat tidak menarik perhatian pasar sejak Desember lalu, kini harga emas baik perhiasan maupun batangan dari Aneka Tambang (Antam) mulai naik.
Pedagang Emas di Pasar Besar Malang (PBM), H. Hasan mengakui kini harganya naik meskipun tidak begitu banyak. “Ini harga paling tinggi selama 2014. Emas 24 karat kini harganya Rp 485 ribu per gram,” ujarnya.
Harga tersebut beranjak Rp 5000 per gram sejak dua hari sebelumnya, Sabtu (11/1). Menurut catatannya, untuk emas perhiasan yang biasa disebut 99 persen ini di pasaran harganya selalu di kisaran Rp 470 ribu sampai Rp 480 ribu per gram.
“Bahkan sejak Desember tahun lalu kan harganya stabil di kisaran itu,” terang Hasan kepada Malang Post.
Sementara itu, untuk emas perhiasan 88 persen, kini harganya Rp 425 ribu per gram, emas 75 persen sebesar Rp 385 ribu per gram dan emas 70 persen seharga Rp 360 ribu per gram.
“Biasanya untuk emas 70 persen sebulan terakhir harganya hanya Rp 340 ribuan. Harga naik ini membuat masyarakat banyak yang melepas emasnya selama beberapa hari terakhir,” imbuh dia.
Di tempat terpisah, Manager Penjualan Solusi Tunai, Anjar Budi Kustanto menuturkan, harganya mengalami kenaikan. “Perlahan namun pasti, 2014 ini harganya sudah membaik bagi pedagang. Awal pekan ini naik Rp 5000 per gram,” tuturnya.
Akhir pekan lalu, emas Antam dipatok Rp 530 ribu per gram dan awal pekan ini sudah berada pada posisi Rp 535 ribu per gram. Menurut dia, harganya terus meningkat selama sepekan terakhir. “Setelah poco-poco, kini mulai beranjak pada posisi positif,” tegas Anjar.
Kenaikan harga emas ini, menurut analisisnya disebabkan perekonomian AS yang trendnya membaik. Sehingga The Fed sudah mulai mengurangi stimulus untuk menentukan harga. “Intinya, karena perekonomian Amerika terindikasi membaik, dan akan terus naik untuk harga emas jika kondisinya demikian. Saatnya investasi sebelum semakin mahal,” pungkasnya. (ley/fia)