Targetkan Pertumbuhan 20 Persen

MALANG - Authorized Dealer Daihatsu Malang, Jolo Abadi menargetkan pertumbuhan penjualan mencapai 20 persen di tahun 2014 ini. Hal ini berdasarkan sales di tahun lalu, serta rencana ekspansi di wilayah Kabupaten Malang di tahun ini.
Tahun lalu, Jolo Abadi mencatatkan hasil memukau ketika average sales perbulan mencapai 70 unit. Padahal secara target tidak mencapai 70 unit untuk 2013.
"Targetnya tahun 2013 lalu hanya 703 unit selama setahun. Tetapi secara pencapaian menembus 830 unit Bila ditotal, salesnya terlampaui 100 unit lebih," terang Manager Jolo Abadi Malang, AA. Gede Wisnu Putra.
Menurut dia, di tahun ini target salesnya sebesar 952 unit dalam setahun. Bahkan sebagai target tantangan Jolo Abadi mematok average 120 unit per bulan. Target besar ini, menurutnya optimis akan tercapai bila melihat potensi pasar serta rencana penetrasi yang diusung oleh Jolo Abadi. Diantaranya, dengan membuka sales point, atau titik pemasaran di Kabupaten Malang dan di Pasuruan. Masih ditambah dengan sales selama 3 bulan terakhir di tahun lalu dimana capaiannya selalu di atas 120 unit.
"Patokannya 2013 lalu. Sales menembus 120 unit sejak Oktober lalu. Selain itu, sales kami 60 persen didapat dari dua wilayah ini. Sehingga secara potensi cukup bagus bila membuka sales point di sana. Wilayah kabupaten ini banyak orang berduit, tetapi masih coba-coba ketika membeli mobil, jadi tidak memerlukan yang mahal." papar dia panjang lebar.
Optimisme ini juga didukung oleh bandrol harga produk Daihatsu yang relatif terjangkau. Misalnya saja dua backbone penjualan Daihatsu di 2013 yaitu Ayla dan Xenia. Tipe Ayla, harganya di kisaran Rp 80 jutaan. Sementara Xenia mulai dari Rp 130 jutaan.
Ayla sendiri baru muncul medio Oktober, namun salesnya secara keseluruhan di posisi ketiga, di bawah Xenia dan Grand Max. "Tiga tipe ini tercatat paling digemari di wilayah kabupaten," tegasnya.
Selain itu, masih menurut Wisnu, salah satu cara untuk menggapai target yang diusung dengan mengikuti pameran secara intensif. Bahkan hingga ke pusat perbelanjaan yang sebelumnya jarang diikuti untuk promo via pameran seperti Plaza Araya dan Lippo Batu. Masih ditambah market share Daihatsu secara total di Malang berada di posisi kedua, dengan raihan 18,92 selama 2013. (ley/fia)