Ciri Khas Suka Ceplas-Ceplos

RAMAH dan selalu apa adanya. Itulah yang selalu dibawa oleh Pemimpin Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang, Bimantoro dalam kesehariannya. Tak heran, bila dia mudah akrab dengan orang yang baru pertama kali ditemuinya. “Ya begini ini saya, gampang sekali akrab dan beradaptasi. Mungkin sudah bawaan sejak lahir, sehingga tidak canggung begitu berpindah kerja atau mengunjungi tempat baru,” ungkapnya. Pria yang kerap disapa Bimo ini memang baru tiga bulan terakhir berada di Kota Malang.
Sebelumnya, dia bertugas di Denpasar. Namun jangan ragukan tentang keakrabannya dengan rekan kerjanya di kantor baru ini. Pasti semua sepakat untuk menyebutnya mudah bergaul. Tidak jarang, omongan khas ‘anak desa’ yang ceplas-ceplos muncul dari ucapannya. Bimo tidak segan memprotes karyawannya bila melakukan kesalahan, tetapi tidak segan memberikan apresiasi dengan memberi selamat dan mengucapkan terima kasih bila rekan kerjanya berprestasi.
“Tidak hanya karyawan, bila ada klien dari klinik atau rumah sakit pun, saya tidak segan protes bila mereka salah. Termasuk dalam urusan peralihan Askes menuju BPJS Kesehatan yang tidak mudah dipahami semua orang ini,” jelasnya. Selain itu, pria asal Madiun ini pun mengakui sering menggunakan guyonan untuk mengakrabkan diri kepada orang yang baru ditemuinya. Meskipun dalam sebuah seminar, tidak lepas dari kebiasaan tersebut.
“Asalkan masih sesuai koridor mengenai guyonannya. Saya tidak ragu untuk menggoda lawan bicara bila terlihat bingung, kurang antusias bahkan terlihat mengantuk. Sayang sekali bila pesan yang hendak saya sampaikan tidak tercapai,” paparnya panjang lebar. Hal-hal inilah yang diakui Bimo membuatnya cepat akrab, walaupun ketika pertama kali melihatnya pasti kesannya menakutkan atau kurang ramah. (ley/mar)