Kuota Raskin Tahun Ini 53 Ribu Ton

MALANG – Tahun 2014 ini Bulog Sub Divisi Regional VII Malang tidak mengalami perubahan dalam hal penyaluran raskin. Total, tahun ini Bulog masih tetap menyalurkan sebanyak 53.980,8 ton beras untuk lima wilayah yang dinaunginya.
Wilayah tersebut meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan. “Jumlah tahun ini tidak ada perubahan untuk penyaluran raskin. Tiap bulannya masih 4498 ton,” terang Wakil Kepala Bulog Sub Divre VII, Gatot Hariantoro.
Kota Batu menjadi wilayah paling sedikit yang membutuhkan raskin yakni sebanyak 94,155 ton. Diikuti oleh Kota Pasuruan dengan kuota sebanyak 144,55 ton dan Kota Malang mencapai 254,85 ton. Wilayah yang tercatat membutuhkan raskin tertinggi yakni Kabupaten Malang mencapai 2208,18 ton. Sementara itu untuk Kabupaten Pasuruan kini kuotanya sebanyak 1800,06 ton.
“Jumlah tersebut untuk kuota tiap bulan. Jadi bila selama setahun ya di kisaran 53 ribu ton. Namun jumlahnya masih bisa bertambah, sebab biasanya pemerintah tidak hanya 12 kali saja dalam setahun untuk penyaluran raskin,” jelasnya kepada Malang Post.
Menurut dia, bahkan bisa mencapai 15 kali. Ada raskin ke 13, raskin kemerdekan dan satu lagi raskin yang merupakan kebijakan wilayah. Tetapi Hadi masih enggan memastikan untuk tahun ini kepastian jumlahnya. “Saat ini acuan kami kuota normal selama 12 bulan saja. Kalau ada tambahan, kuota per bulan masih sama, hanya pekerjaan Bulog pasti bertambah, dimana dalam satu bulan ada yang harus menyalurkan raskin sampai dua kali,” imbuhnya.
Masih menurut Hadi, saat ini Bulog sudah mulai menyalurkan kuota raskin di bulan Januari. Penyalurannya sudah berjalan sejak 6 Januari lalu, dan untuk bulan ini dijadwalkan rampung di minggu ketiga. Dia juga memastikan, untuk pasokan masih aman setidaknya untuk masa 6 bulan ke depan. (ley/fia)