Hotel Berlomba Kejar Okupansi

MALANG – Bisnis perhotelan di Kota Malang sudah memiliki target baru untuk tahun 2014 ini. Baik target bisnis berupa peningkatan okupansi, ekspansi kamar, hingga upgrade fasilitas untuk menggaet lebih banyak tamu.
 Public Relation and General Manager Secretary Hotel Santika Malang, Yessi Puspitasari mengungkapkan, tahun ini Hotel Santika menargetkan okupansi sesuai pencapaian tahun lalu. “Target okupansi kami masih sama dengan pencapaian tahun 2013, yakni 88 persen,” ungkapnya.
Menurutnya, selama 2013 okupansi yang dicapai sejalan dengan budget serta target, menyesuaikan keadaan terbaru setiap tahunnya. Begitu pula untuk tahun ini, targetnya masih sama. Penyebabnya, salah satu diantaranya yakni banyak hotel baru berdiri sehingga persaingan semakin ketat,
Dia menambahkan, untuk tahun ini strategi menggapai okupansi yang dicanangkan dengan memaksimalkan kerjasama untuk penawaran room hotel. “Discount rate untuk credit card masih menjadi program promosi. Rencananya, tahun ini juga hendak menggandeng maskapai untuk promosi hotel,” terangnya.
Sementara itu, Marketing Manager Hotel Sahid Montana dan Sahid Montana Dua, Adi Prasetijono menyebutkan, peningkatan okupansi untuk hotel 2014 ini meningkat masing-masing 5 persen. Bila di Sahid Montana tahun 2013 targetnya 65 persen, kini naik menjadi 70 persen. “Untuk Sahid Montana Dua target 2014 okupansinya 75 persen,” ujar Adi kepada Malang Post.
Kedua hotel tersebut juga tidak lepas dari upgrade fasilitas. Untuk hotel pertama yang berada di Jalan Kahuripan, Sahid Montana menambahkan satu meeting room. Lebih tepatnya sebagian space kafe di bagian dalam dialihfungsikan. “Permintaan meeting semakin meningkat. Di Sahid Montana 1 tidak mungkin bisa untuk menambah ruang, jadi memanfaatkan ruang untuk dirubah fungsinya,” imbuhnya.
Sedangkan di Sahid Montana Dua, terdapat penambahan meeting room serta ruang spa. Selain itu, tahun ini pula di hotel yang berada di Jalan Candi Panggung tersebut siap digelar Festival Padang Bulan. Suatu gelaran seni yang akan berlangsung tiap bulan, dan bertepatan dengan kondisi bulan purnama. “Sepertinya mulai Februari, bila Januari belum memungkinkan. Sebagai salah satu acara promo hotel juga,” urai pria asal Jakarta ini.
Di tempat terpisah, Asisstant Sales Manager ibis Styles Malang, Intan Alice mengakui hotelnya siap menggelar grand opening pekan depan. “Setelah soft opening sejak Oktober lalu, ibis Styles siap meresmikan pembukaan 21 Januari ini,” ujarnya kepada Malang Post.
Tercatat, satu hotel lagi juga siap beroperasi di Januari ini. Rencananya, Hotel Horison Ultima Malang juga siap menggelar trial opening akhir Januari ini. (ley/fia)