Penginapan Harga Terjangkau Mulai Rp 70 Ribu

MALANG - Tingginya kebutuhan kamar di Kota Malang berakibat tumbuhnya pasar guest house. Kini, bisnis guest house mulai banyak dilirik. Salah satu guest house yang bakal ikut merebut pasar kamar di Kota Malang adalah Nova Guest House. Jasa hunian kamar yang berada di Jalan Kedawung 19 Malang dengan total 14 room (kamar) ini mulai dibuka sore kemarin (17/1).
Manajemen Nova Guest House, Alie Zainal Abidin, SH mengatakan Kota Malang merupakan tujuan pariwisata terbesar kedua di Jawa Timur setalah Kota Batu. ”Apalagi posisi Kota Malang yang sangat dekat dengan Kota Batu, sudah bisa dipastikan pelancong yang kehabisan hotel akan memilih menginap di Kota Malang. Atau, memang ada sebagian pelancong yang memilih stay di Kota Malang, tetapi rekreasinya di Kota Batu,” ujar Alie.
Pria yang kini menempuh studi S2 Kenotariatan ini menambahkan, selain sebagai tujuan wisata, Kota Malang juga menjadi tujuan studi mahasiswa dari seluruh Indonesia. ”Sudah tentu efek lanjutannya adalah, Kota Malang banyak didatangi orang dan orang-orang itu tentu membutuhkan ruang untuk stay. Anda bayangkan sendiri berapa puluh ribu mahasiswa yang sekolah di Kota Malang dan mereka semua pada suatu saat membawa saudaranya ke kota ini,” katanya.
Alie mengungkapkan, tanah dan bangunan yang kini berdiri Nova Guest House tersebut merupakan aset peninggalan leluhur. ”Rumah dan bangunan ini dulunya ditinggali oleh nenek kami, Hadijah, ibu kami Anisah, SH, paman kami Saleh dan Lutfi sejak tahun 1974 setelah kami pindah dari kawasan Jagalan. Setelah para paman sudah hidup sendiri-sendiri, rumah ini sempat kosong sekitar 7 atau 8 tahunan. Baru pada tahun 2013 kami membangunnya menjadi Nova Guest House. Kami bekerjasama dengan Adong Property yang memang sudah berpengalaman,” tutur Alie.
Lebih lanjut, Alie yang dibantu oleh dua kerabatnya, Migbill Husein SAB dan Muhammad Ricky dalam mengelola Nova Guest House tersebut mengatakan, dari total 14 room yang ada, terbagi menjadi 5 jenis room. Di antaranya, Suite, Superior, Deluxe, Medium, dan Standard. Harga yang ditawarkan Nova Guest House pun relatif cukup kompetitif.
Suite dengan kapasitas 4 orang, guest room, tv, sofa, kamar mandi (KM) dalam, air panas, breakfast, AC ditawarkan dengan harga Rp 275 ribu. Superior, dengan fasilitas TV, KM dalam, AC, air panas, breakfast, kapasitas 2 orang dengan harga Rp 195 ribu. Untuk Deluxe room, dengan fasilitas AC, KM dalam, TV dipatok rate Rp 160 ribu. Sementara, untuk rate Medium room Rp 120 ribu dan Standard room Rp 70 ribu. (sin/fia)