Mantap di Perhotelan

MALANG – Tampaknya, pekerjaan di dunia perhotelan ini sudah berjodoh dengan Nur Prihatining Rahayu, Marketing Atria Hotel and Conference Malang. Pasalnya, sudah 5 tahun lebih dia bergelut di dunia perhotelan, baik di Surabaya maupun di Malang dan tidak membuatnya merasa bosan.
“Semakin lama bekerja di hotel, ternyata saya semakin menyadari mengenai jodoh pekerjaan. Walaupun sempat berganti-ganti posisi,” ujarnya.
Perempuan yang biasa disapa Ayu ini mengakui pernah bekerja di bagian administrasi, operator hingga akhirnya di marketing. Hingga kini Ayu sudah bekerja di sekitar 5 hotel berada di seputar Jawa Timur.
“Surabaya, Pandaan, dan Malang. Tempat itu menjadi destinasi saya bekerja di perhotelan, sehingga saya tidak pernah merasa bosan di suatu tempat,” jelas dia lantas tertawa.
Ayu yang berasal dari Surabaya ini pun memiliki trik khusus ketika kini bekerja menjadi seorang marketing. Terutama, bagaimana caranya memperoleh tamu, serta memenuhi target okupansi sekalipun pada saat low season. Menurut dia, sejak jauh-jauh hari sudah harus memiliki daftar calon tamu, khususnya dari golongan corporate.
“Tamu corporate ini tidak mengenal masa, jadi marketing harus pandai memanfaatkan hal itu. Menawari mereka sejak sebelum masa low season salah satu caranya, sehingga mereka telah mengenal hotel ini sejak jauh hari pula,” bebernya kepada Malang Post.
Ketika hendak bertemu dengan perwakilan corporate, yang harus dipastikan adalah membuat janji. Pasalnya, kesibukan pekerja kantoran membuat bertemu dengan partner bisnis pun harus terjadwal. “Apalagi bila kedudukannya tinggi, harus membuat jadwal dari awal. Selain itu, biasanya marketing itu dianggap remeh begitu ingin bertemu pimpinan perusahaan. Jadi untuk menghindari buang-buang waktu harus buat appointment,” urai dia panjang lebar. (ley/fia)