Rubah Sifat Demi Pekerjaan

BEKERJA menjadi seorang customer service Kantor Pos Besar Malang menjadi pengalaman tersendiri bagi Arini Fimanami. Awalnya sifat dia memang pemalu, namun perlahan mulai terkikis seiring pekerjaan sehari-harinya yang justru harus berhadapan dengan orang baru. “Dulu saya pemalu sekali, bahkan ketika bekerja harus menjadi seorang customer service, sifat asli saya masih terlihat. Lama-lama memang mulai berkurang, tetapi terkadang masih kerap muncul” ungkapnya.
Menurut dia, karena pekerjaannya menuntut ramah kepada setiap orang yang berkeluh kesah atau mencari informasi, secara otomatis membuat dia harus belajar untuk menghapus sikap tersebut. Rekan kerjanya selalu diharapkannya untuk mengajari untuk tampil percaya diri. “Jadi saya belajar pada rekan kerja, kebetulan tempatnya berdekatan dengan tim pemasaran. Pastinya mereka percaya diri, saya belajar dari mereka,” terang perempuan asal Pasuruan ini.
Kini, dia selalu menerapkan apa yang diajarkan oleh teman kerjanya, dan selalu tampil percaya diri begitu ada customer yang bertanya. Setiap hari, Arini pasti menjadi tempat customer Kantor Pos yang komplain atau bertanya bila ada keterlambatan pengiriman.  “Untungnya sekarang saya lebih percaya diri. Kalau tidak, bisa-bisa saya bersembunyi bila ada customer. Lalu kena marah atasan,” ujar dia lantas tertawa. Tidak heran, bila Arini kini begitu akrab dengan tim pemasaran Kantor Pos. (ley/mar)