Penerbangan ke Manado Ikut Anjlok

MENURUN: Pemesanan tiket di tour and travel mengalami penurunan akibat bencana. Khususnya untuk tujuan Jakarta dan Manado

PENERBANGAN juga menurun ke wilayah lain yang terkena bencana, misalnya saja tujuan Manado. Agen tiket di Kota Malang mengakui, penurunan kuantitas pembeli tiket selama sepekan terakhir, untuk tujuan Jakarta dan Manado. Direktur Shekinah Family Travel, Ira Rumampuk mengakui, untuk tujuan Manado yang terlihat menurun drastis. Customer yang biasa membeli tiket di travel yang berada di Mall Olympic Garden (MOG) berkurang. “Bahkan dalam sehari tidak ada penjualan tiket untuk tujuan Manado,” urainya.
Tujuan Manado ini bisa jadi menurut perhitungannya berkurang mencapai 70 persen. Dari cerita sesama agen tiket pun untuk tujuan ke sana juga menurun sepekan terakhir. “Kalau Jakarta menurun paling di kisaran 10 persen hingga 20 persen. Beda tujuan, customer ke Jakarta pasti untuk urusan pekerjaan, sekalipun banjir pasti masih ada yang berangkat,” terangnya. Menurut dia, sepinya penerbangan ke Manado ini dialami beberapa maskapai.
Bahkan, salah satu maskapai menawarkan tiket mencapai titik terendah untuk penerbangan ke propinsi yang memiliki tempat wisata Bunaken ini. “Tiket ke Manado mulai dari Rp 522.000. Jarang sekali bisa rendah seperti ini. Sementara untuk ke Jakarta, dengan Citilink berada di kisaran Rp 460.000,” papar dia. Penurunan harga tiket tersebut memang biasa terjadi di masa low season. Namun faktor alam di pertengahan Januari ini membuat low season tiba lebih cepat.
Ira memperkirakan, begitu keadaan kembali normal, penjualan tiket pun berangsur normal. “Saat seperti ini efeknya tidak hanya penurunan jumlah penumpang karena bencana, tetapi tidak aman pula untuk perjalanan wisata,” urainya. Terpisah, Owner Arwana Tour and Travel, Roy Aldila menyebutkan, bencana alam yang menimpa berefek pada penurunan kuantitas penjualan tiket pesawat. “Tidak begitu banyak, tetapi menurun. Bila waktunya lama seperti Jakarta, nanti efeknya bisa lebih banyak lagi,” sebutnya. (ley/mar)