Layanan Jasa Keuangan Kantor Pos Tumbuh 15 Persen

MALANG – PT Pos Indonesia (Kantor Pos) Cabang Malang mencatatkan pertumbuhan sebesar 15 persen untuk sektor layanan jasa keuangan di tahun 2013 lalu. Angka tersebut sesuai dengan target awal tahun, dan di tahun ini patokan target meningkat hingga 20 persen.
Manager Penjualan Kantor Pos Besar Malang, Rusdianto mengungkapkan, layanan jasa keuangan ini meliputi pos pay, wesel pos instan dan Western Union. "Layanan jasa keuangan ini terdiri dari tiga jenis pelayanan, dan omzet kami di tahun 2013 meningkat 15 persen," ungkapnya.
Menurut dia, pos pay menyumbang angka tertinggi di tahun ini, mencapai 50 persen. Sisanya, 30 persen dari Western Union dan 20 persen dari wesel pos instan. Totalnya mencapai 145 ribu transaksi dalam setahun.
Dia menambahkan, transaksi pos pay paling tinggi sebab masyarakat menggunakan jasa Kantor Pos untuk membayar listrik, telepon hingga pajak. Sementara itu untuk western union melayani pengiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri.
"Western Union ini benar-benar dimanfaatkan oleh orang Indonesia yang bekerja di luar negeri. Meskipun kompetitor di perbankan yang juga mempunya layanan yang sama, terbukti kepecayaan masih tinggi. Rata-rata mencapai 4000 transaksi per bulan," tegasnya kepada Malang Post.
Tahun ini, Kantor Pos optimis jika transaksi bisa mencapai 15 ribu per bulan dari ketiga layanan jasa keuangan tersebut.
Sementara itu, untuk lingkup nasional, layanan jasa keuangan sendiri omzetnya mencapai Rp 1,3 triliun. Raihan tersebut bertumbuh 20 persen ketimbang tahun sebelumnya. Vice President Pengembangan Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta menyampaikan, transaksinya mencapai 12 juta transaksi per bulan.
"Tahun lalu pertumbuhan 15 persen terlampaui, dan tahun ini kami targetkan di angka 20 persen. Sehingga omzetnya untuk tahun depan harus mencapai Rp 1,6 triliun. Salah satu caranya untuk mencapai target, dengan menyiapkan 500 titik kantor pos baru di Indonesia selama tahun ini." ujar Ihwan.
Dari fasilitas layanan jasa keuangan sendiri, customer Kantor Pos Malang berhasil meraih salah satu penawaran hadiah yang diluncurkan tahun lalu. Hadiah grand price ke 2 berhasil diraih oleh customer asal Dampit, Kabupaten Malang bernama Ahmad Yusri. Hadiah yang diterima sebesar Rp 75 juta dari program Luber Hadiah 2 miliar. Satu customer lagi beruntung mendapatkan hadiah sebesar Rp 5 juta, atas nama Endang Ernawati dari Purworejo. (ley/fia)