Grand Livina kuasai Penjualan Nissan

Nissan New March menjadi salah satu gacoan Nissan untuk megusai pasar otomotif di Malang.

MALANG – Angka rupiah boleh jadi menurun terhadap dolar. Namun begitu, penurunan tersebut sama sekali tidak mempengaruhi siklus penjualan mobil. Terbukti, angka penjualan mobil pertahun terus meningkat. Salah satunya dialami oleh Nissan.
Sales Head PT Wahana Wiarawan Nissan Malang, Dani Widodo, tahun 2013 lalu pihaknya mampu menjual 1100 unit. Angka tersebut susai dengan target. Dari angka tersebut, penjualan paling tinggi terjadi pada Juni, Agustus dan Desember. Alasannya jelas, tiga bulan tersebut ada event tahunan, seperti Idul Fitri, liburan sekolah, dan pergantian tahun.
“Ya di bulan Juni Agustus ada moment lebaran, dan Desember momentnya adalah pergantian tahun. Sekarang mobil bukan menjadi barang mewah, tapi sudah menjadi kebutuhan pokok, yang wajib dibeli,’’ katanya.
Sementara bulan paling sepi dalam penjualan terjadi pada September dan Oktober. Pada dua bulan tersebut pihaknya hanya mampu menjual rata-rata 50 unit.
Jumlah 1100 unit ini, donasi paling besar disuplai dari penjualan seri mobil Grand Livina. Mobil keluarga seharga di bawah Rp 200 jutaan ini, menyumbang penjualan sebesar 60 persen, disusul kemudian Nissan March yang berkontribusi sebesar 20 persen. Sedangkan Nissan Juke berada di peringkat ke tiga yaitu 10 persen.
“Sisanya 10 persen other, alias jenis Nissan lainnya,’’ tambah Dani sambil tersenyum.
Melihat perolehan selama 2013, Danimengatakan di tahun 2014, Nissan memasang target penjualan sebesar 1200 unit. Untuk mengejar target tersebut, Nissan telah menggelonot program penjualan.
Seperti bulan Januari-Febuari saat ini, pihaknya menggelar promo angpao. Promo ini disesuaikan dengan even Tahun Baru Imlek. Dalam promo ini, PT Wahana Wiarawan Nissan Malang memberikan voucher tiket Garuda Indonesia, point emas, hingga memberikan Samsung Galaxy Note 8, untuk setiap pembelian kendaraan.
“Setiap pembelian, pembeli akan mendapatkan kupon undian dengan hadiahnya seperti di atas,’’ katanya.
Selain itu, pihaknya juga memberikan kemudahan untuk pembelian mobil Nissan dengan pilihan DP rendah atau angsuran gratis. Dan ketiga adalah mengikuti berbagai ajang pameran di mall-mall.
“Kami yakin target 2014 ini akan tercapai bahkan bisa lebih. Karena tahun 2014 ini ada tiga jenis mobil baru, yaitu New March, New Evalia, dan New X-Trail,’’ tambah pria berkacamata ini sembari mengatakan untuk New March dan New Evalia sudah ada yang order delivery.
Terkait dengan maraknya mobil murah yang beredar, Dani pun menanggapinya dengan tersenyum. Menurutnya, kehadiran mobil murah memang menggiurkan. Di awal-awal kehadiran mobil murah ini memang mempengaruhi penjualan, namun itu hanya berlaku selama satu bulan saja. Karena di bulan kedua, kondisi penjualan mobil Nisan berlangsung normal.
“Kami kan beda kelas. Disini kami berjualan kualitas, bukan sekadar mobil,’’ urainya.
Termasuk terpuruknya angka rupiah, menurutnya tidak akan berpengaruh banyak. Kenaikan harga memang sudah pasti akibat dolar yang melejit. Tapi itu terjadi secara global, sehingga semuanya pun dikembalikan pada pasar.
“Untuk bulan ini saja, kami sudah mampu menjual 110 unit, sampai akhir 2014 nanti, pasti target kami tercapai,’’ katanya yakin.(vik/fia)