Kalstar Siap Terbangi Malang

MALANG – Kesabaran dari maskapai Kalstar Aviation untuk memiliki rute penerbangan baru, Malang-Balikpapan akhirnya berbuah manis. Mulai Kamis (30/1) besok, Kalstar sudah resmi membuka rute tersebut dari Bandara Abdulrahman Saleh Malang.
Pjs Branch Manager Kalstar Aviation Malang, Joko Sudarsono merasa lega dengan berakhirnya proses penantian itu. “Akhirnya, setelah beberapa kali mengalami penundaan, sudah pasti terbang Kamis lusa,” ujarnya kemarin.
Menurut dia, masih sesuai rencana awal, Kalstar mendapatkan jadwal penerbangan dari Malang pukul 11.40 WIB. Sebelumnya, untuk penerbangan dari Balikpapan ke Malang pada pukul 09.35 WIB. Slot tersebut sesuai dengan space penerbangan antara kedua bandara, terutama dari Malang yang kapasitas ruang tunggu menjadi salah satu acuan.
“Acuan untuk Abd. Saleh dengan kapasitas ruang tunggu maksimal 250 orang membuat otoritas pengelola bandara memberikan jam tersebut. Ternyata sesuai dengan target Kalstar, maka sudah bisa terbang,” jelas Joko.
Dia mengungkapkan, pengelola bandara Abd. Saleh sudah mengeluarkan keputusan atau izin Rabu (22/1) lalu dan memberitahukan tentang penerimaan permohonan terbang perdana Kalstar mulai 30 Januari ini. Hal tersebut membuat manajemen Kalstar sudah berani memastikan untuk jadwal terbang.
“Izin tersebut yang selama ini Kalstar tunggu. Bisa jadi sekarang sudah merasa lega dengan pemberitahuan itu. Begitu pula calon penumpang yang sempat dibingungkan mengenai kepastian rute potensial ini. Seperti beberapa penumpang yang batal terbang perdana 17 Januari lalu, serta agen tiket juga,” paparnya kepada Malang Post.
Sebab, Kalstar sendiri sebelumnya sudah menggelar agent gathering 8 Januari lalu. Mulai saat itu pula agen telah menawarkan rute Malang-Balikpapan dan sebaliknya, dengan harga tiket Rp 599 ribu. Harga tersebut, disampaikan Joko, sebagai harga perkenalan, dan setidaknya akan bertahan untuk sebulan hingga tiga bulan ke depan.
Pada rute baru ini Kalstar akan mengusung pesawat seri Boeing 737-500 berkapasitas 130 penumpang. Sedangkan pada penerbangan perdana besok, akan diawali dengan penyambutan pendaratan pesawat di Abd Saleh. Rencananya, prosesi akan berlangsung di VIP Room Bandara Abd. Saleh mulai pukul 10.00 WIB.
Terpisah, Direktur Shekinah Family Travel, Ira Rumampuk mengakui senang dengan adanya rute baru ini. Terlebih beberapa penumpang sebelumnya sudah intens bertanya mengenai adanya jalur ke Balikpapan. “Rata-rata mahasiswa yang bertanya. Bila dari Malang ada, mereka tidak perlu lagi ke Surabaya,” jelas Ira. (ley/han)