Connecting Ke Berau dan Banjarmasin

MALANG – Hari ini, rute baru Malang-Balikpapan, sudah bisa ditemukan di Bandara Abd Saleh Malang. Maskapai Kalstar Aviation, resmi bisa membawa penumpang untuk terbang ke Balikpapan. Bahkan bisa connecting untuk ke Berau dan Banjarmasin.
Pjs Branch Manager Kalstar Aviation Malang, Joko Sudarsono menyebutkan, akan ada penyambutan saat pesawat Boeing 737-500 yang diusung mendarat di Abd. Saleh, pagi ini.
‘’Mulai pukul 10.00 WIB rangkaian acaranya sudah berlangsung, sambil menunggu kedatangan pesawat pada pukul 11.05 WIB di bandara,’’ sebutnya, kemarin.
Sementara, berselang 30 menit kemudian, pesawat akan terbang meninggalkan bandara dan membawa penumpang tujuan Balikpapan.
Kelebihannya, dengan adanya rute baru ini, memudahkan pula bagi penumpang dari wilayah Malang Raya yang hendak menuju ke beberapa daerah lain di Pulau Kalimantan.
‘’Misalnya saja ke Banjarmasin yang penuh dengan area pertambangan dan wisata laut. Maupun ke Berau yang terkenal dengan wisata alamnya. Jadi sekarang lebih mudah karena rutenya sudah connect ke sana,’’ bebernya kepada Malang Post.
Menurut Joko, realisasi ini telah ditunggu-tunggu oleh manajemen Kalstar dan juga calon penumpang. Sebab selama ini, bila hendak ke Balikpapan atau wilayah lain, penumpang harus direpotkan dengan menuju Bandara Juanda terlebih dulu.
Ataupun bila enggan merasakan kemacetan jalur darat Malang-Surabaya, langsung ke Jakarta baru ke tujuan di Kalimantan. Namun saat ini, rute baru memungkinkan untuk menghemat biaya.
Kalstar sendiri mematok tiket Malang-Balikpapan sebesar Rp 599 ribu dan berlaku sebaliknya. Setidaknya, harga tersebut akan berlaku hingga akhir Februari mendatang, sebelum melihat potensi pasar kedepannya. Harganya, mulai dari Rp 699 ribu. Sedangkan connecting ke Berau, mencapai Rp 1,3 juta.
Terpisah, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Abd. Saleh, Zulfahmi mengakui, sudah adanya izin terbang perdana bagi Kalstar. Surat resminya sudah diberikan kepada Kalstar sejak minggu lalu, sehingga untuk persiapan atau prosesi selanjutnya diserahkan sepenuhnya kepada maskapai.
‘’Yang jelas pengajuan sudah tidak ada masalah, izin sudah turun, dan sudah pasti pula ada rute baru di Abd. Saleh mulai besok (hari ini, Red.). Potensi yang besar dari penumpang menjadi pertimbangan untuk adanya izin tersebut, misalnya saja mahasiswa Balikpapan banyak di Malang,’’ jelasnya.
Sehingga, jaminan untuk load factor yang berpengaruh pada operasional maskapai ke depannya. Sebab, izin tersebut juga mempertimbangkan mengenai ketahanan Kalstar setelah beroperasi. (ley/avi)