Aksi Barongsai Panaskan Imlek di Matos

MALANG – Genderang tetabuhan khas pengiring barongsai bergemuruh di kawasan Jalan Veteran Jumat (31/1) pagi kemarin. Suara tersebut menandakan pula pesta karnaval yang digelar oleh Malang Town Square (Matos) untuk merayakan Imlek di tahun ini.
Rombongan karnaval tersebut mulai berjalan pukul 09.00 WIB, tepat di depan pintu masuk Universitas Brawijaya. Tak pelak, masyarakat yang telah menunggu pawai tersebut memenuhi mulai depan MX Mall, hingga timur Matos, tepat di sebelah parkir luar mall.
“Penontonnya sudah menunggu sejak pagi, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan macetnya juga di luar perkiraan,” ujar Marketing Communication Manager Matos, Sasmita Rahayu.
Setelah barongsai, liang liong memasuki area Matos, berlanjut dengan show di area depan Matos. Kurang lebih 2 jam, hiburan ini membuat ribuan orang tumpek blek untuk menyaksikan aksi-aksi menarik tersebut.
Menurut Sasmita, tema yang diangkat kali ini yakni Fortune in The Horse Year. Terdapat empat rangkaian acara. Selain karnaval, tampilan anak-anak dari My Little Island juga memeriahkan Imlek kemarin. Sekitar 200 anak berbusana oriental memenuhi Main Hall Matos di sesi kedua. “Anak-anak ini berekspresi denga kostum khas Cina,” tandasnya.
Setelah itu, sesi ketiga berlanjut selepas tengah hari. Diawali dengan aksi barongsai yang berkeliling mengitari tenant Matos yang terdiri dari tiga lantai ini. Barongsai tersebut mengambil angpau yang sudah disiapkan oleh tenant untuk diambil barongsai. Pada saat yang sama, pengiring barongsai yakni pasukan kerajaan turut membagi-bagikan bingkisan Imlek berupa coklat dan jeruk shantang. Anak-anak kebagian mendapatkan bingkisan ini.
“Diiringi dengan fashion show dari Color, penampilan tarian dari Experience Dancer dan juga hiburan lagu. Bernafas sejenak, lanjut ke bagian terakhir berupa lomba,” ujarnya ketika ditemui di sela-sela acara, kemarin (31/1).
Bagian terakhir dari rangkaian acara Imlek ini merupakan Top Model Oriental Look dan Lomba Foto. Menurutnya, tidak hanya peserta dari Malang yang berpartisipasi, juga banyak dari luar kota seperti Blitar, Probolinggo hingga Lumajang.
Perempuan ramah ini menyebutkan, rangkaian ini akan berlanjut hingga pekan depan. “Mulai tanggal 5 Februari nanti, terdapat program belanja berhadiah. Belanja mulai Rp 50 ribu, berhak mendapatkan kupon undian dan berlaku di semua tenant. Setiap dua hari sekali ada hadiah menarik yang diundi, berlangsung selama sepekan,” pungkas dia. (ley/fia)