Sempat Delay, Kalstar Mendarat di Malang

SEMPAT TERTUNDA: Kedatangan dan keberangkatan pesawat Kalstar sempat molor untuk acara seremonial, Kamis (30/1) lalu.    

MALANG – Sempat mengalami delay hampir dua jam, pesawat Kalstar Aviation, akhir mendarat di Bandara Abd. Saleh mulai Kamis (30/1) lalu pukul 12.40 WIB.
Itu artinya, rute baru Malang-Balikpapan dan sebaliknya, sudah mulai beroperasi di hari tersebut. Realisasi yang membutuhkan kesabaran, baik bagi manajemen Kalstar maupun calon penumpang rute tersebut.
Pesawat Kalstar sejatinya dijadwalkan mendarat pukul 11.05 WIB. Namun ternyata pendaratan perdana terhambat. ‘’Akhirnya sampai juga di Malang. Walaupun harus tertunda, tetapi ujungnya Kalstar bisa ditemukan di sini,’’ ujar Vice President Kalstar Aviation, Abdul Haris Maulana.
Menurut dia, delay tersebut disebabkan keberangkatan pesawat dari Solo juga tertunda. Sebab, pesawat ini memiliki rute dari Solo ke Banjarmasin berlanjut ke Balikpapan. Baru setelah itu tujuannya ke Malang. Sedangkan di Balikpapan, juga sedikit tertahan dengan prosesi penerbangan perdana.
Di penerbangan pertama itu, Kalstar membawa 100 penumpang dari Balikpapan ke Malang. Sebaliknya, begitu pesawat terbang ke Balikpapan, sebanyak 72 penumpang yang naik pesawat Boeing 737-500 tersebut.
‘’Dari Balikpapan ternyata banyak yang merasakan terbang perdana ini. Sebaliknya, dari Malang pun sudah terisi lebih dari 50 persen,’’ ujarnya.
Fakta tersebut menumbuhkan keoptimisan Haris mengenai load factor Kalstar kedepan. Setidaknya, angka 80 persen per bulan menjadi target Kalstar selama 3 bulan pertama.
Setelah melihat potensi dalam kurun waktu tersebut, bisa jadi manajemen menaikkan target. ‘’Buktinya, penerbangan perdana terisi hampir 80 persen,’’ yakin dia.
Secara keseluruhan, untuk penerbangan perdana dari Malang ke Balikpapan, penumpang harus bersabar menunda keberangkatan selama 2,5 jam.
Penyebabnya, begitu di Malang pun juga berlangsung prosesi syukuran untuk kedatangan pesawat tersebut. Pesawat baru meninggalkan Abd. Saleh pukul 13.50 WIB.
Dalam kedatangan pertama Kamis lalu, begitu mendarat manajemen Kalstar yang turut serta dalam penerbangan tersebut, menggelar seremonial di Lanud Abd. Saleh.
Disambut langsung oleh Marsma Gutomo, Danlanud Abd. Saleh, prosesi pemotongan tumpeng berlangsung. Kali ini, Danlanud pun mengucapkan selamat datang kepada Kalstar.
‘’Akhirnya datang juga. Pertama tentu saya mengucapkan selamat datang untuk Kalstar. Semoga kedatangan ini menguntungkan banyak pihak,’’ terang Marsma Gutomo dalam sambutannya.
Dia berharap, Kalstar ini bisa menjadi pembuka jalan untuk penerbangan ke wilayah Kalimantan. Pasalnya, hubungan antara Malang dengan beberapa wilayah di Kalimantan sangat dekat. Sebut saja, mahasiswa asal Balikpapan, cukup banyak yang berstudi di Malang. Sementara itu, orang Malang juga banyak yang memiliki pekerjaan di Kalimantan. (ley/avi)