Penguatan Dolar Lemahkan Sales Produk Elektronik

MALANG – Plaza Elektronik Malang menutup tahun 2013 lalu dengan pertumbuhan sales sebesar 15 persen. Hasil ini sesuai dengan target di awal tahun, dan untuk 2014 ini salesnya ditarget kembali meningkat hingga 20 persen
“Tahun 2013 lalu target kami antara 15-20 persen untuk pertumbuhan penjualan. Namun pencapaiannya memang belum maksimal hingga angka 20 persen,” ujar Store Manager Plaza Elektronik Malang, Pao Sugiyanto.
Menurutnya, pencapaian pertumbuhan yang belum maksimal tersebut salah satu faktornya adalah kenaikan barang elektronik yang terjadi di semester dua tahun 2013. Sehingga customer cenderung menahan diri untuk berbelanja barang elektronik. Dari total sales, pendapatan semester dua kurang maksimal, padahal banyak momen besar pada masa tersebut. Misalnya saja Idul Fitri dan akhir tahun.
“Biasanya saat momen tersebut merupakan peak season untuk penjualan barang elektronik. Secara prosentase selama 2013, sales semester satu dan dua masih seimbang,” terang dia kepada Malang Post.
Pria yang kerap disapa Sugik ini menyampaikan, penjualan LED paling dominan menyumbangkan angka penjualan. Sekitar 40 persen dari LED yang ditawarkan mulai dari harga Rp 1,3 juta hingga Rp 40 juta. Sisanya, seperti lemari es dan mesin cuci.
Sugik menyampaikan, bila selama 2013, average penjualan mencapai Rp 250 juta. Angka tersebut meningkat hingga dua kali lipat ketika menjelang lebaran dan tahun baru. “Jelang Idul Fitri lalu salesnya mencapai Rp 470 juta, sementara akhir tahun sekitar Rp 340 jutaan,” imbuhnya.
Sementara itu untuk tahun ini, Plaza Elektronik menargetkan pertumbuhan 20 persen dari total sales 2013. Menurut Sugik memang berat, bila melihat rekapitulasi penjualan di akhir tahun, ditambah tingginya intensitas hujan di awal tahun.
“Tetapi tetap harus optimis, sekalipun tantangan seperti bencana alam mempengaruhi angka penjualan kami,” pungkasnya. (ley/fia)